Nasdem dan Perindo Jagokan Incumbent di Pilkada Gianyar

  • 31 Maret 2024
  • 20:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2036 Pengunjung
Ngakan Ketut Putra (kanan) dari Partai Perindo dan I Made Rai Arimbawa dari Partai Nasdem, ist/sd

Gianyar, suaradewata.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gianyar akan berlangsung  pada November tahun 2024 ini. Namun sampai saat ini, bakal calon kepala daerah belum ada satupun yang mengantongi rekomendasi dari induk partainya. 

Meski demikian, sejumlah tokoh politik, telah menetapkan posisi dukungan. Seperti dua caleg DPRD Gianyar yang telah diprediksi lolos dalam Pemilu 2024, yaitu Ngakan Ketut Putra dari Partai Perindo dan I Made Rai Arimbawa dari Partai Nasdem. 

I Made Rai Arimbawa kepada wartawan, Minggu 31 Maret 2024 membenarkan hal tersebut. Politikus asal Dapil Sukawati tersebut, tidak berkomentar banyak. Namun ia tegas mengatakan lebih condong mengarahkan dukungan di Pilkada Gianyar 2024 ini pada Agus Mahayastra.

Made 'Agus' Mahayastra merupakan ketua PDIP Gianyar, yang menjabat Bupati Gianyar periode 2018-2023. Mahayastra pun diprediksi akan kembali bertarung memperebutkan jabatan dua periode. 

"Secara pribadi dan aspirasi masyarakat, saya melabuhkan dukungan pada Agus Mahayastra," ujarnya.

Meski demikian, mantan anggota DPRD Gianyar periode 2014-2019 itu tetap tidak mau melangkahi partainya. "Meskipun secara pribadi saya mendukung Pak Agus Mahayastra, namun tetap keputusan akhir ada di tangan partai, kemanapun partai menghendaki saya tunduk pada instruksi partai," tandasnya.

Berbeda dengan Ngakan Ketut Putra, ia telah memastikan akan mengarahkan dukungan pada Agus Mahayastra.  "Saya di Perindo sudah memastikan mendukung Agus Mahayastra, tidak ada calon lain yang bisa menggoyahkan dukungan saya dalam Pilkada Gianyar nanti," tandasnya.

Politikus Dapil Gianyar yang kini masih menjabat sebagai Ketua Fraksi Indonesia Raya DPRD Gianyar itu memiliki alasan kuat. Yakni, di masa kepemimpinan Agus Mahayastra sebagai Bupati Gianyar, Kabupaten Gianyar mampu berjalan ke arah kemajuan. Seperti, banyak dibangun infrastruktur yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Seperti, pembangunan pasar, Alun-alun Gianyar, penataan kota dan sebagainya.

"Mahayastra juga banyak berbuat untuk masyarakat, seperti program kesehatan gratis bagi masyarakat yang tidak memiliki kartu kesehatan. Banyak dibangun sekolah negeri, sehingga semua siswa tertampung di sekolah negeri, juga ada angkutan siswa gratis dari mereka mau berangkat ke sekolah hingga pulang," ujar Ngakan Putra.

Tak hanya itu, Mahayastra juga berhasil menaikkan PAD Gianyar, dengan memperketat pendataan wajib pajak daerah. "Hampir semua wajib pajak, dalam hal ini pemilik akomodasi pariwisata telah terdata, sehingga PAD kita mengalami kenaikan signifikan. Saat ini sudah menyentuh Rp 1,4 triliun lebih," tandasnya.

Ditanya apakah dukungan tersebut akan menentukan arah fraksinya di DPRD Gianyar, Rai dan Ngakan Putra mengatakan masih dipertimbangkan. "Saya dan Pak Rai memang sudah ditelepon oleh salah satu partai di Gianyar yang kelolosan anggotanya ke DPRD tidak bisa membentuk satu fraksi. Namun kami belum putuskan akan bergabung atau tidak, masih dipertimbangkan," tandasnya. tim/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER