Gong Berbahan Kuningan Milik Pura Dalem Adat Banyuasri Digondol Maling

  • 22 Februari 2024
  • 08:25 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1779 Pengunjung
Kerangka gong sisa dicuri milik Pura Dalem Desa Adat Banyuasri, Buleleng Rabu (21/02/2024). SD/sad/ist

Buleleng, suaradewata.comDaun atau kerawang gong berbahan kuningan milik Pura Dalem Desa Adat Banyuasri, Buleleng diketahui hilang pada Rabu (21/02/2024) pagi. Padahal sehari sebelumnya gong tersebut masih dipakai latihan hingga larut malam.

Hal itu kali pertama diketahui Jro Mangku Pura setempat disaat melakukan pembersihan diareal Pura. "Saya heran gambelan sudah di bongkar hanya menyisakan kayu penyanggah gong." ungkapnya.

Bendesa Adat Banyuasri Nyoman Mangku Widiasa mengaku tidak menyangka kalau diwilayahnya mulai rawan pencurian. Malahan sehari sebelum gambelan dicuri, warga menggunakannya untuk latihan pada Selasa (20/2/2024) dari Jam 9 - 11 malam.

"Si pencuri berhasil mengambil 4 gambelan, 40 daun Gong. Dan peristiwa ini sudah dua kali terjadi di Pura Dalem kami ini. Sebelumnya  yang hilang bokor berbahan langka," terang Mangku Widiasa.

Disebutkan juga bahwa gambelan berbahan kuningan itu terbilang bahan langka yang susah dicari, bahkan ketika dipukul mengeluarkan suara nyaring dan enak di dengarkan sesuai irama 

"Bahan asli dari kuningan, itu gong duwen desa yang sudah lama diwariskan," jelasnya.

Pihaknya menyerahkan semua proses kepada pihak kepolisian baik Polsek maupun Polres Buleleng. “Mudah-mudahan segera diungkap petugas dan gong bisa kembali, kami juga sudah menghubungi para pande gong dibeberapa daerah untuk membantunya" pungkas Mangku Widiasa. Sad/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER