KPU Buleleng Koordinasikan Persiapan PSU di 4 TPS

  • 19 Februari 2024
  • 19:15 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 2158 Pengunjung
Rapat koordinasi KPU Buleleng dengan Forkopimda Buleleng bersama aparatur desa, berlangsung di Berutz Bar & Resto pada Senin, (19/02/2024).

Buleleng, suaradewata.com - KPU Buleleng, pada Sabtu 17 Februari 2024 telah menetapkan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada empat TPS yakni TPS 4 dan TPS 5 di Desa Temukus serta TPS 5 dan TPS 6 di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar. Untuk persiapan tersebut, mereka menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda Buleleng bersama aparatur desa, berlangsung di Berutz Bar & Resto pada Senin, (19/02/2024). 

Seperti diberitakan sebelumnya PSU yang dilakukan di  Desa Pedawa akibat surat suara di kedua TPS tersebut tertukar. Dimana kedua TPS itu menerima surat suara DPRD Kabupaten Buleleng Dapil 8 Kecamatan Banjar, namun surat suara yang diterima merupakan surat suara Dapil 3 Kecamatan Kubutambahan.

Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana dalam Keputusan KPU Buleleng Nomor 866 Tahun 2024 menyebutkan berdasarkan Pleno KPU Buleleng dan juga mengacu pada PKPU, pelaksanaan PSU di 4 TPS tersebut bakal dilakukan PSU pada Selasa 20 Februari 2024 di masing-masing TPS bersangkutan.

Berangkat dari hal itu, selanjutnya KPU Buleleng siapkan teknis PSU di Desa Temukus dan di Desa Pedawa. Artinya KPU Buleleng telah menyiapkan penyelenggaraan pemungutan suara ulang (PSU) pada 4 TPS di dua desa yaitu TPS 4 dan 5 di Desa Temukus akibat kesalahan prosedur pemilih, dan TPS 5 dan 6 di Desa Pedawa mengalami surat suara yang tertukar.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana memastikan jalannya PSU nanti akan baik dan tanpa kendala yang berarti. Persiapan teknis telah dilaksanakan meliputi penyebaran C pemberitahuan kepada seluruh pemilih yang terdaftar di TPS 4 & 5 Desa Temukus, serta TPS 5 dan 6 Desa Pedawa. Logistik pun sudah mulai didistribusikan pada siang ini sehingga TPS dapat ditata pada sore hari.

Logistik PSU khususnya surat suara pun kata Dudhi dibuat agar tidak sama persis dengan pemungutan suara sebelumnya guna menghindari pemalsuan. "Logistik surat suara kita sudah memiliki khusus untuk PSU, sudah disiapkan sebelumnya, akan berstempel PSU, jadi tidak seperti surat suara pada pemilihan yang kemarin," jelas Dudhi.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Buleleng I Nyoman Wiranata akan mengerahkan jajarannya untuk melaksanakan pengamanan ekstra selama PSU berlangsung di dua desa tersebut. "Rencananya kita menerjunkan pada masing-masing TPS sebanyak 20 orang personel," ungkap Wiranata.

Pihaknya menghimbau masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban agar pelaksanaan PSU besok dapat berjalan baik dan semestinya. Sad/red

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER