Pohon Pule Ratusan Tahun di Pura Dalem Koripan Kelod Tabanan Tumbang

  • 12 Februari 2024
  • 10:35 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1645 Pengunjung
Petugas BPBD Tabanan saat melakukan pembersihan di lokasi pohon tumbang, Minggu, (11/02/2024). SD/Ayu/ist

Tabanan, suaradewata.com - Sebuah kejadian tak terduga menimpa Pura Dalem Koripan Kelod di Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Tabanan, pada Jumat (9/2/2024) lalu. Pohon Pule yang telah berusia ratusan tahun tumbang akibat hujan lebat, menimpa dan menghancurkan salah satu palinggih dan penyengker di pura tersebut.

Peristiwa itu tidak hanya dipicu oleh hujan deras, tetapi juga karena kondisi lapuk dari dahan pohon dengan diameter mencapai dua meter. Kondisi ini menambah kesulitan bagi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan dalam membersihkan dan memotong pohon yang tumbang.

Pemotongan dahan pohon membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan petugas BPBD Tabanan harus bekerja selama dua hari penuh untuk menyelesaikannya. Pada hari kedua, Minggu (11/2/2024), petugas BPBD masih berupaya melakukan pemotongan.

"Kami dibantu warga (melakukan pemotongan). Namun, karena pohon cukup besar kami selesaikan dua hari," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Tabanan, I Nyoman Srinadha Giri.

Menurut penjelasannya, pihaknya mendapat laporan tentang tumbangnya pohon Pule yang berusia ratusan tahun pada malam Jumat (9/2/2024). Sehingga, pada keesokan harinya, atau Sabtu (10/2/2024), pembersihan dapat dilakukan.

Kerusakan yang disebabkan oleh pohon tumbang ini cukup parah, terutama pada penyengker dan palinggih pura. Bahkan, panjang kerusakan pada penyengker hampir mencapai dua meter.

Meskipun demikian, berita baiknya adalah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerusakan hanya terjadi pada struktur bangunan pura, yakni pada penyengker dan salah satu palinggih.

Kejadian ini menjadi perhatian bagi masyarakat sekitar dan pihak terkait untuk lebih memperhatikan kondisi pohon-pohon tua yang ada di sekitar area pura. Langkah-langkah preventif mungkin perlu dipertimbangkan untuk menghindari kerusakan serupa di masa depan. Ayu/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER