Fraksi-Fraksi DPRD Bangli Kompak Dukung Dan Apresiasi Eksekutif Ajukan Dua Ranperda

  • 21 November 2023
  • 19:40 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1349 Pengunjung
Rapat paripurna dengan agenda pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Bangli atas pengakuan dia Ranperda. SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Sehari setelah diajukan eksekuif, Selasa 21/11/2023, dilanjutkan dengan pembahasan dua buah Ranperda tentang Kabupaten Layak Anak dan Ranperda tentang Pengarustamaan Gender. Rapat paripurna yang mengagendakan pemandangan umum Fraksi-Fraksi di DPRD Bangli tersebut dipimpin Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika didampingi Wakil Ketua Nyoman Budiada dan Komang Carles. Dari eksekutif dihadiri Wakil Bupati, Wayan Diar bersama jajaran OPD terkait. 

Dalam pemandangan umum bersama Fraksi-Fraksi DPRD Bangli yang dibacakan Ni Nengah Dwi Madya Yani, sepakat mendukung dan mengapresiasi eksekutif yang telah mengajukan dua buah Ranperda tersebut. Selain memberikan dukungan, fraksi-fraksi DPRD Bangli juga memberikan masukan terhadap eksekutif.

Seperti yang disebutkan, Fraksi Partai Demokrat. Fraksi Partai Demokrat, menyatakan pendidikan, kebahagiaan dan tumbuh kembang anak layak diperjuangkan. Begitu juga kesetaraan dan kewajiban laki-laki dan Perempuan. ‘’Kita mendorong pemerintah memiliki system Pembangunan yang berbasis haka nak dengan mengintegrasikan sumber daya pemerintah dan swasta,” ucap Madya Yani saat mengutif pemandangan Fraksi Demokrat.

Hal serupa juga dikatakan, Fraksi Partai Golkar, PDIP dan Fraksi Restorasi Hati Nurani. Fraksi Restorasi Hati Nurani mendorong pemerintah, saat Ranperda ini ditetapkan menjadi Perda, pemerintah diminta untuk menyiapkan dan dukungan anggaran sebagai upaya menjamin tumbuh kembang anak sebagi asset bangsa. Sementara Fraksi Partai Golkar mendorong pemerintah untuk membuat program penurunan angka stunting. Disamping itu, fraksi ini mempertanyakan langkah setrategis yang menjadi penekanan baik preventif maupun solutif angka kejahatan terhadap Perempuan dan anak. 

Sementara Fraksi PDIP menyebutkan, pengajuan dua Ranperda tersebut dianggap sebagai bagian dari semangat jengah dalam upaya memberikan perhatian pada asset bangsa selaku generasi penerus dam kesetaraan gender yang memiliki kesetaraan secara hukum. “Mudah-mudahan ini sebagai salah satu pemicu semangat kebersamaan untuk Bersatu membangun Bangkli yang lebih baik menuju Bangli Era Baru,” kata Fraksi PDIP, yang dikutif oleh Madya Yani.ard/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER