Ganjar Dorong UU Pesantren dan Kesejahteraan Guru Agama

  • 18 November 2023
  • 15:15 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1258 Pengunjung

Banjar, suaradewata.com — Ulama dan Kyai di seluruh Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendukung penuh pasangan Ganjar-Mahfud yang dinilai mampu terus mendorong keberlakuan UU Pesantren dan juga meningkatkan kesejahteraan guru agama.

Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menggelar acara silaturahmi dengan para ulama, kyai, ustadz dan habib hingga para pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) seluruh Jawa Barat.

Pada ajang silaturahmi tersebut, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menegaskan komitmennya untuk membuat peraturan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Menurutnya, hal tersebut sebagai salah satu cara untuk terus mendukung pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar hingga anggaran untuk seluruh Ponpes di Tanah Air.

"Undang-Undangnya sudah ada, maka tugasnya peraturan pelaksanaan atau turunan dari Undang-Undang itu. Dan itulah yang kemudian bisa meyakinkan pada seluruh pengasuh pondok pesantren, santri dan kiai," kata Ganjar.

Saat masih menjadi Gubernur di Jateng, dirinya telah membuat peraturan daerah (Perda) tentang Pesantren dan juga mengajak sejumlah kepala daerah lain untuk membuat Perda serupa.

"Jabar sudah, Jateng sudah, dan saya kira yang punya komitmen pasti melaksanakan, apalagi itu perintah Undang-Undang," ucapnya.

Pemimpin berambut putih itu juga berkomirmen mengenai anggaran untuk pesantren, dirinya menceritakan bagaimana anggaran yang dihibahkan pada saat menjabat sebagai Gubernur Jateng hingga mencapai ratusan miliar untuk para guru agama di lintas agama.

"Dan saya ceritakan, setiap tahun kami menghibahkan kurang lebih Rp 270 miliar setiap tahun ke kemenag untuk dibagikan kepada guru agama. Guru ngaji, Hindu, Kristen dan sebagainya, untuk memberikan penghormatan saja," tutur Ganjar.

Komitmen sangat kuat yang dimiliki oleh pasangan Ganjar-Mahfud itu mendapatkan respon positif dari para ulama seluruh Jawa Barat.

Mereka mengaku sangat optimis, bahwa di bawah kepemimpinan pasangan Capres dan Cawapres yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan itu akan menjadikan Indonesia lebih baik, khususnya pada sektor keagamaan.

"Kami yakin pak Ganjar bisa membangun umat lebih berkualitas ke depan. Tidak hanya ilmu dan iman, namun juga keterampilan. Kami juga optimis UU Pesantren akan berjalan di tangan pak Ganjar," ucap Pimpinan Ponpes Al Muhajirin, Kiai Abun Bunyamin.

Senada, pengasuh Ponpes Miftahul Huda Al Azhar Jabar, Kyai Muin Abdurrahim juga mengungkapkan bahwa selama memimpin Jawa Tengah, sosok Ganjat telah membuktikan banyak hal dalam membangun masyarakat dan membangun agama.

"Kami melihat beliau telah melakukan hal baik di Jateng dan kami berharap itu bisa di bawa ke nasional jika kelak beliau mendapat amanat di tingkat nasional," ucapnya.

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER