Organisasi PMHD UNWAR Lolos Pendanaan Belmawa 2023 "Revitalisasi Tradisi Perang Ketupat"

  • 08 November 2023
  • 10:50 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1448 Pengunjung
Tim PPK Ormawa Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma (PMHD) Universitas Warmadewa beranggotakan 10 orang dari angkatan 2020 dan 2021

Gianyar, suaradewata.com- Organisasi Kemahasiswaan Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma (PMHD) Universitas Warmadewa berhasil meraih pendanaan untuk Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) tahun 2023 dari BELMAWA. Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) merupakan pelaksanaan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) melakukan berbagai hal untuk menumbuhkembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Dalam ajang bergengsi ini, Tim PPK PMHD Universitas Warmadewa mengangkat permasalahan di Desa Medahan, Gianyar yang masih mengalami kendala terkait keterlibatan pemuda dalam tradisi Perang Ketupat, disebabkan karena generasi muda di Desa Medahan kurang atau tidak tertarik mengikuti pelaksanaan tradisi Perang Ketupat. Perang Ketupat merupakan sebuah tradisi turun-temurun di Desa Medahan sebagai ungkapan rasa Syukur Masyarakat Medahan. 

Tim PPK PMHD Universitas Warmadewa hadir untuk memfasilitasi Desa Medahan dalam mengoptimalkan kesadaran generasi muda melalui sosialisasi dan pembentukan sanggar budaya, untuk mengekspresikan seni dan budaya serta memperkenalkan tradisi Perang Ketupat, melalui atraksi wisata Perang Ketupat. Judul yang diusung dalam ajang PPK Ormawa 2023 yakni “REVITALISASI SENI DAN BUDAYA SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN WISATA DI DESA MEDAHAN, GIANYAR” yang berlokasi di Desa Medahan, Kabupaten Gianyar, Bali. Tujuan kegiatan ini juga untuk meningkatkan nilai tambah desa setempat untuk menuju Desa Wisata.

Tim PPK Ormawa Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma (PMHD) Universitas Warmadewa beranggotakan 10 orang dari angkatan 2020 dan 2021 yang diketuai oleh Ni Putu Taris Aprilia Dewi, dengan anggota yaitu Ida Bagus Ariadi Pawitra, Ni Komang Ayu Wahyuni, Dewe Gede Agung Pradipa Buana, Ida Bagus Putu Kusuma Yasa, I Kadek Somariana, Dewa Ayu Nanda Putri Ardani, Ni Wayan Oka Tirta Asih, Ni Made Ana Marantika, dan I Komang Yoga Prajna Gauthama Laba. 

Keberhasilan tim PPK Ormawa hingga tahap akhir yaitu kunjungan dari Tim Visitasi ke Desa Medahan Gianyar dan melakukan pementasan atraksi Perang Ketupat dari kelompok masyarakat sasaran Desa Medahan, Gianyar pada tanggal 14 November 2023 yang bertempat di Wantilan Desa Adat Medahan. Keberhasilan ini disambut baik oleh Rektor Universitas Warmadewa. Sekretaris Desa Medahan, I Made Sudarma S.H menyampaikan dukungan pada program PPK ORMAWA di Desa Medahan, yang diharapkan masyarakat antusias akan program ini.

“Pada intinya, kita sangat mendukung dengan tema yang diambil dan kemungkinan besar masyarakat juga antusias sekali. Melalui tema ini mudah-mudahanan nilai yang diperoleh maksimal,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan program ini, kami menjalin kerja sama dengan mitra yang merupakan salah satu pemuda Desa Medahan. I Gusti Agung Abi Sebastian Wiguna yang kami sapa Gung Abi sangat antusias terhadap program ini, karena cocok bagi generasi muda Di Desa Medahan untuk berkreasi.

“Program ini bagus dan cocok untuk generasi muda, mengingat Bali sangat kental akan kebudayaan, tak terkecuali Medahan, semoga terus berlanjut,” ucapnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, merupakan suatu kehormatan untuk dapat berkontribusi dalam memajukan nama baik Universitas Warmadewa dan Pasemetonan Mahasisya Hindu Dharma untuk terus maju dalam menampilkan ide-ide kreatif dan inovatif. Dr. Ir. I Gusti Bagus Udayana M.Si, atau yang akrab kami panggil Ajik GBU, menyampaikan rasa bangga karena PMHD telah mampu bersaing dalam ajang nasional dengan lolos pendanaan BELMAWA. 

“Bangga sekali PMHD sudah lolos pendanaan, jadi membuktikan PMHD mampu bersaing secara nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ketua tim, Taris Aprilia Dewi mewakili seluruh tim pelaksana, mengatakan keberhasilan PMHD Universitas Warmadewa meraih program pendanaan PPK ORMAWA, tidak terlepas dari dukungan semua pihak. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ormawa PMHD yang sudah memberikan arahan, kepada Rektor Universitas Warmadewa yang sudah memfasilitasi, kepada mitra yang sudah mensupport, kepada pemerintah Desa Medahan yang sudah menerima kami, kepada BELMAWA yang telah mendanai program kami, serta kepada seluruh pihak yang sudah mendukung kegiatan kami,” ucapnya.

Selain itu, diharapkan semua kegiatan yang telah dirancang dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan apa yang menjadi harapan tim pelaksana PPK ORMAWA dan masyarakat Desa Medahan Gianyar.rls/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER