Mampu Tegakkan Keadilan Rakyat Kecil, Mantan Aktivis Jawa Barat Dukung Ganjar-Mahfud

  • 22 Oktober 2023
  • 13:10 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 3040 Pengunjung

Oleh : Benny Syahputra)*

Dianggap mampu untuk menegakkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk masyarakat kecil, mantan aktivis di Provinsi Jawa Barat (Jabar) memberikan dukungan penuh kepada pasangan duet Ganjar-Mahfud karena mampu melanjutkan cita-cita reformasi dan kepemilikan integritas yang sangat tinggi.

Ketua Rumah Jokowi for Ganjar Jawa Barat, Reonaldo dengan sangat tegas mengonfirmasi bagaimana komitmen kuat yang dimilikinya dengan memberikan dukungan penuh terhadap pasangan duet Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD pada pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Dalam pernyataan resminya, dirinya yang juga merupakan mantan aktivis dan pernah ditahan tatkala peristiwa Kudatuli pada tahun 1996 itu mengungkapkan bahwa memang pengalaman yang pernah dia rasakan pada jaman Orde Baru (Orba) merupakan sebiuah hal yang sangat tidak adil.

Maka dari itu, karena pernah merasakan ketidakadilan, sehingga Reonaldo kemudian mengaku sangat prihatin lantaran ada juga potensi kembali munculnya era ‘Orde Baru’ atau peristiwa politik dinasti sebagaimana jaman dulu di tengah adanya spekulasi bahwa Gibran Rakabuming Raka yang merupakan seorang putra dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) yang masih menjabat itu akan menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping salah satu kandidat Calon Presiden (Capres) tertentu pada kontestasi Pilpres mendatang.

Apabila misalnya ternyata benar bahwa Gibran yang merupakan anak kandung dari Presiden Jokowi melaju dan berpasangan dengan salah seorang Capres tertentu setelah adanya perubahan aturan melalui Putusan Mahkamah Konstitusi (MK), yakni kini siapapun termasuk anak muda di bawah usia 40 tahun mampu mencalonkan diri selama dirinya pernah berpengalaman sebagai pejabat daerah terlebih dahulu sebagaimana posisi Gibran yang masih menjadi Wali Kota Surakarta, maka bagi seorang mantan aktivis di era Orde Baru, hal tersebut haruslah dilawan.

Segenap elemen bangsa harus terus mampu menjaga bagaimana keberlangsungan cita-cita Reformasi agar tidak sampai tercemar dengan adanya hal demikian dan juga mampu mencegah bangsa Indonesia kembali melangkah ke masa lalu. Maka dari itu, karena melihat berbagai macam kemungkinan akan lahirnya politik dinasti, sehingga menjadikan Rumah Jokowi for Ganjar Jawa Barat tetap mempertahankan komitmen kuat mereka dengan terus tegak lurus memberikan dukungan sepenuh hati kepada pasangan duet Ganjar-Mahfud.

Tentunya bukan tanpa alasan, pasalnya pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merupakan pasangan pemimpin yang telah sangat mewakili visi yang diinginkan oleh rakyat Indonesia. Selain itu, dukungan terus mengalir kepada pasangan duet ini karena juga masyarakat menilai kalau ketegasan moral politik terus dijunjung tinggi oleh kedua pasangan tersebut.

Sementara itu, Masyarakat Muslim di Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang tergabung ke dalam organisasi Relawan Almijan juga menyambut dengan sangat baik setelah diumumkannya secara resmi bahwa Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) itu menjadi pasangan atau Calon Wakil Presiden dari Ganjar Pranowo.

Terkait hal tersebut, Koordinator Almijan Jawa Barat, Ustadz Ahmad Bustomi kemudian berharap kepada pasangan duet Ganjar-Mahfud untuk bisa menegakkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia sehingga rasa adil bisa dirasakan oleh semua kalangan masyarakat dan mereka juga sangat meyakini bahwa dengan kepemimpinan kandidat yang disuung olejh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut jelas akan mampu menegakkan keadilan bagi masyarakat kecil.

Koordinator Nasional Almijan, Syukron Jamal juga menilai bahwa pasangan duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merup[akan pilihan pasangan yang paling ideal karena keduanya bisa saling melengkapi satu sama lain dalam membangun bangsa serta umat dalam menghadapi berbagai macam situasi dan tantangan, baik itu secara nasional, regional ataupun global.

Kedua tokoh bangsa itu juga dikenal oleh masyarakat sebagai figur yang sudah sangat terbukti dan teruji di bidang mereka masing-masing, saling mampu melengkapi untuk menciptakan sebuah pemerintahan yang bersih (good governance) dalam rangka mewujudkan Indonesia yang lebih maju, adil dan sejahtera.

Ganjar Pranowo sendiri dinilai sebagai pemimpin yang sangat visioner dan memiliki banyak ide serta gagasan untuk kemajuan, kemudian Mahfud MD juga sudah diketahui oleh masyarakat sebagai sosok yang cerdas dan tegas dalam mengawal serta menegakkan supremasi hukum di Tanah Air, sehingga sudah sangat jelas pasangan duet itu merupakan sosok kedua tokoh bangsa yang sama-sama memiliki integritas sangat tinggi.

Karenanya, maka dengan kepemilikan integritas yang tinggi itu, kemudian juga bagaimana rekam jejak serta pengalaman yang dimiliki oleh keduanya, menjadikan pasangan duet Ganjar-Mahfud juga turut didukung penub oleh mantan aktivis di Jawa Barat karena dinilai mampu menegakkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk masyarakat kecil dan sama sekali tidak bermain politik dinasti lantaran integritas mereka yang tinggi.

 

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kota Padang


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER