Antisipasi Covid-19, Mobil Angkutan Umum Disemprot Disinfektan

  • 21 Maret 2020
  • 15:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1912 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.com -  Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Gianyar bergerak cepat melakukan langkah-langkah antisipasi penyebaran virus korona di Kabupaten Gianyar. Sabtu (21/3/2020), berlokasi di kantor Dishub Gianyar, satgas area dan transformasi publik penanggulangan Covid-19 melakukan pengecekan suhu tubuh supir angkutan dan penyemprotan cairan disinfektan pada mobil  angkutan umum dan angkutan siswa Gianyar. Penyemprotan dilakukan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Gianyar, dan Bali pada umumnya.

Koordinator satgas area dan transportasi publik, Ida Ayu Putu Sri Ambari mengatakan, penyemprotan pada mobil angkot merupakan tindak lanjut dari apa yang telah ditugaskan Bupati dalam SK penanggulangan Covid-19.

Gayung bersambut, rencana kerja dari satgas area juga sejalan dengan  rencana kerja Dinas Perhubungan Gianyar untuk pencegahan di sarana transortasi pada  angkutan siswa Gianyar dan pelayanan masyarakat serta bus Dishub. Setidaknya 204 angkutan layanan siswa dan 16 unit bus operasional Dishub telah dilakukan penyemprotan di Kantor Dishub Gianyar.

Selain penyemprotan disinfektan pada angkutan, juga dilakukan pengecekan suhu tubuh supir. Sementara itu, Kadishub Gianyar I Wayan Suamba yang juga sebagai koordinator 2 satgas area dan transportasi membenarkan bahwa penyemprotan pada mobil angkutan sudah menjadi agenda kerjanya dalam pencegahan penyebaran Covid-19.   

Suamba juga mengimbau para supir dan masyarakat pada umumnya agar tidak panik.“Saya mohon para supir dan masyarakat semua untuk tidak panik, ikuti petunjuk dari pemerintah karena pemerintah sangat serius dalam menghadapi wabah ini,”ujar Suamba.

Disamping itu penerapan pola hidup bersih dan sehat juga merupakan solusi terhindar dari penyebaran Covid-19. Bagaimana  menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan seperti rajin mencuci tangan. Menghindari bepergian ke tempat hiburan juga merupakan salah satu cara penanggulangan Covid-19 serta menghindari kerumunan.

Agenda kedepan Dishub juga akan membuat tempat pencucian tangan di terminal Batubulan dan Payangan. Dan rencananya besok, Minggu (22/3) satgas area dan transportasi juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di terminal Payangan dan area parkir objek wisata Tirta Empul.

Supir Bus sekolah Kadek Moleh menyambut baik dilakukannya penyemprotan pada sarana transportasi. Karena dapat meminimalisir adanya virus dan anak yang memanfaatkan akan lebih aman.gus/utm


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER