Upaya Pelestarian Budaya, Bupati Badung  Serahkan Dana Motivasi Ogoh - Ogoh 

  • 18 Februari 2020
  • 18:05 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1652 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi oleh Wabup Suiasa, Senin (17/02/2020), mengumpulkan Ketua Sekaa Teruna dan Yowana se-Kabupaten Badung yang berjumlah 563 Sekaa Teruna dan Yowana dalam rangka penyerahan dana motivasi ogoh-ogoh tahun 2020 sebesar 40 juta rupiah per Sekaa Teruna bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung. 

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Giri Prasta memberikan pengarahan kepada Ketua Sekaa Teruna untuk mengelola dana yang disalurkan oleh Pemkab Badung dengan cermat tepat dan transparan guna meningkatkan kreativitas Sekaa Teruna dalam melestarikan seni tradisi dan budaya Bali. 

"Kami selaku pemerintah daerah kabupaten Badung selalu berusaha untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya Bali, salah satunya dengan menyerahkan dana bantuan ogoh ogoh dalam menyambut hari raya Nyepi tahun Caka 1942. Dengan bantuan dana ini saya berharap, Sekaa Teruna mampu meningkatkan kreativitas di bidang seni dan budaya di tengah derasnya arus modernisasi. Mengingat Sekaa Teruna sebagai generasi penerus dalam melestarikan desa adat. Saya mengajak adik adik Sekaa Teruna se-Kabupaten Badung untuk ikut partisipasi aktif dalam menyukseskan segala program yang dicanangkan Pemkab Badung, utamanya dalam bidang adat seni agama dan budaya, agar bisa lestari selamanya," ujar Giri Prasta. 

Usaha dalam melestarikan budaya Bali sangat perlu dilaksanakan mengingat pariwisata kita yang ada di Bali dan Badung kususnya didasari oleh budaya bali yang unik dan adi luhung yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Jadi nafas dan jiwa dari pariwisata  adalah budaya itu sendiri. Itulah yang mendasari Pemkab Badung sangat konsen dalam hal pelestarian budaya selama ini, bahkan masuk dalam program prioritas PPNSB. 

"Mengingat Adik adik Sekaa Teruna sebagai anaknya Banjar, oleh karena itu saya minta agar Sekaa Teruna mengambil bagian dan berperan aktif dalam meneruskan warisan adat dan budaya di masing-masing desa adat demi ajegnya agama hindu dan negara kesatuan republik Indonesia. Karena kedua hal tersebut menjadi inti dari budaya Bali," imbuhnya. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta juga menekankan Sekaa Teruna agar menjalankan catur Brata penyepian dan menghindari perbuatan mabuk-mabukan maupun tindakan lainnya yang berpotensi membuat kegaduhan di tengah masyarakat. Sehingga perayaan hari raya Nyepi di Kabupaten Badung bisa berjalan dengan tertib dan hikmat. 

Sekaa Teruna sebagai generasi penerus pembangunan Badung diminta untuk cerdas dan aktif dalam mengelola informasi di tengah masyarakat dengan ikut terlibat dalam kelompok informasi masyarakat. Sekaa Teruna diharapkan mampu menjadi garda atau corong terdepan dalam menginformasikan tentang program dan rencana pembangunan (PPNSB) yang dilaksanakan oleh Pemkab Badung. Sehingga sebaran informasi di kabupaten Badung menjadi merata sampai menyentuh masyarakat di pedesaan.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Badung I Putu Parwata, Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Dinas Kebudayaan I Gde Eka Sudarwita, beserta Perbekel, Kelian adat dan dinas se-kabupaten Badung. Dan dimeriahkan oleh hiburan lawak Bali Celekontong Mas yang sukses mengocok perut para hadirin yang memenuhi gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER