Jaga Kelestarian Alam, Karya Giri Kertih Digelar di Pura Hyang Ukir Bangli

  • 02 Februari 2020
  • 20:10 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1916 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Bupati Bangli I Made Gianyar, Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Setda Kabupaten Bangli, Ida Bagus Gede Giri Putra, jajaran Muspida dan semua Pimpinan OPD di lingkungan  Pemerintah Kabupaten Bangli menghadiri rangkaian upacara Giri Kertih di Pura Puncak Hyang Ukir Bangli yang dilaksanakan pada hari Minggu (2/2/2020). 

Ketua Panitia Karya Jero Nyarikan Pura Kehen atau sekretaris bebanuan Kehen menerangkan Karya ini bernama  Karya Giri Kertih. Karya Giri Kertih merupakan bagian dari salah satu program Bapak Gubernur yaitu Jagat Kertih. Pengertian Giri Kertih yaitu melestarikan alam beserta isinya. Dalam filosofinya, Giri sebagai gunung puncak tersuci. "Jadi dengan Giri Kertih ini diharapkan kita memelihara, melestarikan keberadaan gunung dan bukit-bukit yang ada. Untuk puncak karya Giri Kertih yang sekarang berlangsung di Pura Pucak Hyang Ukir ini merupakan pokok dari karya yang kita laksanakan di Bangli yaitu ada di 4 Bukit lainya. Yakni, Pucak Cemeng disebelah timur, Pucak Jati disebelah selatan, Pucak Demulih disebelah barat dan Pucak Pandakan disebelah utara" ungkapnya. 

Selanjutnya,  karya Giri Kertih ini akan dilanjutkan dengan karya ngusaba betara turun kabeh yang diikuti seluruh bebanuan gebog domas pura Kehen Bangli. Untuk Karya Giri Kertih ini dipuput oleh 4 Sulinggih yaitu Ida Pedanda Putra Bajung, Ida Pedanda wayahan Bun, Ida Pedanda Buda Alang Kajeng Nongan, dan Ida Resi Bujangga Angkling. Sedangkan dana untuk nyangra Karya Giri Kertih lan Ngusaba ini bersumber dari Bantuan Pemerintah Provinsi Bali sebesar 600 juta, dari Pemerintah Kabupaten Bangli 800 Juta dan urunan warga pengempon pura Pucak Hyang Ukir ini. "Harapan kami dengan terlaksananya karya Giri Kertih yang dipusatkan Di Pura Puncak Hyang Ukir ini, semoga jagat bangli dan seluruh jagat bali dan seluruh mahluk hidup mendapatkan keselamatan lahir dan batin, gemah ripah loh jinawi," 

Sementara Bupati Made Gianyar mengatakan agar senantiasa menjaga dan melestarikan karya seperti ini. Sebab, kata dia, karya ini bertujuan untuk menjaga alam seperti Bukit dan Danu. I Made Gianyar juga berharap Karya giri kertih dan ngusaba ini berjalan dengan lancar. Dari karya ini diharapkan mampu menciptakan kerahayuan jagat Bali, khususnya Bangli.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER