Lima Kandidat Setorkan Formulir Penjaringan ke Golkar Tabanan

  • 02 Februari 2020
  • 19:05 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2167 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Setelah melengkapi seluruh persyaratan administrasi Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Wakil Calon Bupati Partai Golkar Tabanan, lima orang peserta penjaringan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dari Partai Golkar Tabanan Sabtu (1/2/2020) akhirnya mengembalikan formulir ke Kantor DPD Golkar Tabanan.

Formulir diterima oleh Plt. Ketua DPD II Golkar Tabanan I Nyoman Wirya, Ketua Tim Penjaringan Bacabup & Bacawabup Partai Golkar Tabanan untuk Pilkada 2020 I Made Asta Dharma, Ketua Tim Pilkada DPD I Golkar Provinsi Bali I Made Dauh Wijana, Wakil Ketua Golkar Prov Bali, Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Tabanan, Jembrana dan Buleleng Dewa Made Suamba Negara, Sekretaris Tim Penjaringan Bacabup dan Bacawabup I Ketut Budiadnyana dan sejumlah pengurus Partai Golkar lainnya.

Kelima peserta diantaranya adalah I Gusti Kade Heryadi Angligan dan AA Ngurah Panji Astika yang mendaftar bakal Calon Bupati serta Bagus Ngurah Wira Tenaya, Jero Putu Tesan dan dr. I Gusti Ngurah Oka Putera Santosa yang mendaftar sebagai bakal calon Wakil Bupati Tabanan.

Pada keswmpatan itu, AA Ngurah Panji Astika atau Turah Panji kepada jajaran elit partai dan kader Golkar Prov Bali dan DPD II Tabanan menjelaskan pembangunan Tabanan saat ini sudah meningkat namun perlu dipacu lagi agar bisa menyamai bahkan melebihi daerah lainnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya lebih baik lagi dan menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih. Ia juga berharap seluruh elit, kader dan elemen partai Golkar bersemangat memenangkan para kandidat siapapun yang memperoleh rekomendasi nantinya.

"Jangan hanya kami para kandidat yang semangat untuk melakukan perubahan tapi mesti didukung sepenuhnya oleh elit partai dan seluruh kader di tingkat pusat maupun daerah. Tak ketinggalan pula konsolidasi dan koalisi dengan partai lain yang memiliki gerakan perubahan yang sama perlu segera diwujudkan. Saya berkecimpung dalam bisnis pengolahan air limbah hingga 1.000 titik lebih di Indonesia, pekerjaan saya mengubah sesuatu yang kotor menjadi bersih. Konsep itu yang akan saya terapkan jika nanti diberikan kesempatan menjadi Bupati Tabanan" tegasnya.

Ketua Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kab. Tabanan ini tersebut melihat pengembangan sektor pariwisata masih sangat terbuka. Di bidang pariwisata, masih banyak yang bisa digali seperti wisata kota dan wisata desa. Sektor kerajinan juga potensinya sangat besar. Khusus di sektor pertanian, menjadi penekanan Panji Astika karena hal ini berkaitan dengan ketersediaan lapangan kerja, budaya serta pelestarian alam. 

Ia yang juga aktif di Puskor Hindunesia Dekorda Tabanan ini menyebutkan semakin enggannya anak muda terjun ke pertanian salah satunya karena akibat ketidakstabilan harga, yang terkadang bagus namun saat panen raya harganya rendah bahkan anjlok drastis sehingga menimbulkan kerugian.

“Saya yakin kalau pertanian ini bisa ditumbuhkan, selain akan membuka lapangan kerja juga menekan alih fungsi lahan. Kita harus fokus di sini sebab sebagian besar masyarakat menggeluti sektor pertanian dan menjaga pertanian penting bagi pelestarian lingkungan,” tegas pengusaha yang diketahui punya banyak relasi di dalam dan luar negeri tersebut.

Pentolan Garda Tipikor Tabanan ini menambahkan untuk memajukan pembangunan Tabanan, kualitas SDM harus mendapat perhatian serius. Apalagi di tengah pesatnya perkembangan teknologi (Industri 4.0). “Meningkatkan kualitas SDM akan membuka peluang lebih besar dalam memanfaatkan potensi dan peluang yang ada untuk menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Panji Astika menegaskan kesiapannya maju sebagai Bakal Calon Bupati Tabanan dengan konsep pengabdian dengan tiga modal utama yaitu jujur, profesional dan kerja keras. Modal tersebut sangat dibutuhkan untuk berani maju di kancah perpolitikan Tabanan yang terkenal ganas di tengah hegemoni partai tertentu yang sedemikian kuat.

"Untuk maju di Tabanan ini butuh mental yang kuat dan teruji. Siapapun nanti yang beruntung bisa maju mangawal perubahan ini, kita akan dukung bersama. Kita adalah orang -orang yang punya visi bersama yaitu membuat perubahan yg lebih baik untuk Tabanan. Tentu tak mungkin melakukan hal itu sendiri. Kami memerlukan gerakan perubahan dari seluruh elemen masyarakat dengan Seshanti Ngardi Loka Hita Tabanan", ungkapnya semangat. 

Adapun visi besar yang ditawarkan Panji Astika dalam perhelatan Pilkada Tabanan 2020 ini adalah Loka Hita Tabanan. Menurut Panji Astika, Loka Hita adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menunjukkan sebuah cita-cita dunia yang harmonis, bahagia, sejahtera, yang dicapai melalui karma dharma, sewaka dharma, pengabdian yang tulus, pelayanan kepada masyarakat, kedisiplinan, kejujuran, kepemimpinan yang berkarakter dharma, dan implementasi hubungan harmonis antara Tuhan, Manusia dan Alam. 

Loka Hita berasal dari dua kata secara leksikal yakni Loka dan Hita. Loka berarti tempat, dunia, jagat baik itu melingkupi makro dan mikro, sementara Hita dalam bahasa Sansekerta berarti keharmonisan, kebahagiaan, keselarasan. Kata “Hita” juga diadopsi dalam satu mantra Tri Sandya yakni sarvapràni hitankara, keharmonisan, perlindungan semua makhluk di dunia. Istilah Loka Hita diadopsi dan diadaptasi sebagai sebuah akronim, menjadi bermakna Satu Loka, Satu Cita, Mewujudkan Tabanan yang Anandam (Kebahagiaan Sejati).

Ketua Umum Sabha Yowana Pratisentana Ida Bhatara Sira Arya Kenceng Tabanan tersebut juga mengungkapkan dengan berjuang masuk dan mengabdikan diri di pemerintahan melalui jalur politik akan mempercepat harapannya untuk ikut membangun Tabanan.

Selama ini Panji Astika telah banyak berkiprah baik di bidang sosial, seni budaya maupun di bidang ekonomi dengan membuka banyak lapangan kerja lewat perusahaan yang didirikannya. ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER