Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

ST. Eyoca Menjalankan Jagra Siwaratri dengan Berbagi Pengalaman

  • 24 Januari 2020
  • 08:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1227 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Sekaa Teruna Eka Yowana Çanti, Banjar Pujung Kaja, Desa Pekraman Talepud, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, atau yan sering disebut ST. EYOCA menjalankan brata hari suci Siwaratri yaitu mejagra dengan menggelar acara ramah tamah dengan para ketua Sekaa Teruna terdahulu pada hari Kamis (23/1/2020) malam.

Acara ramah tamah ini dilaksanakan setelah persembahyangan Siwaratri bersama yang bertempat di Pura Dalem Talepud. Adapun yang mengisi acara ramah tamah tersebut yaitu I Nyoman Cendikiawan ketua sekaa teruna periode 1990, I Wayan Eka Swarjawa ketua periode 2016-2019 dan ketua saat ini di periode 2019-2022 I Wayan Gede Prawira Negara.

Ketua ST. EYOCA saat ini, I Wayan Gede Prawira Negara sangat antusias mengingat pentingnya acara ini. "Dengan hadirnya beberapa tokoh ketua sekaa teruna terdahulu, para anggota bisa mengetahui bagaimana keadaan sekaa teruna dahulu dengan mendengar langsung dari tokoh tersebut," ungkap Prawira Negara yang saat acara ramah tamah juga ikut menyampaikan tentang program dan inovasi kegiatan kedepannya.

Prawira Negara mengapresiasi para ketua sekaa teruna yang hadir. "Tentunya saya sangat senang atas kehadiran para tokoh ini dan saya ucapkan terimakasih telah meluangkan waktunya untuk bisa sharing berbagi informasi kepada adik-adiknya disini," tambahnya.

Ketua ST. EYOCA pada tahun 1990 I Nyoman Cendikiawan menceritakan bagaimana solid dan kompaknya anggota muda mudi. "Di saat itu kita berfokus pada kegiatan gotong royong yang rutin dilakukan. Termasuk dahulu kami semangat bergotong royong dalam pemindahan pasar desa," tegas Nyoman Cendikiawan yang saat ini menjadi Ketua LPD Talepud.

Sementara ketua ST. EYOCA pada tahun 2016-2019 I Wayan Eka Swarjawa juga menuturkan apa saja pengalamannya.
"Manfaat bisa ngayah di sekaa teruna luar biasa bisa belajar lebih di adat. Bisa dekat dengan prajuru desa," imbuh Eka Swarjawa yang juga pada saat menjadi ketua juga menjadi panitia mendampingi sekaa baleganjur Bala Gita Shanti mewakili Kabupaten Gianyar di panggung Pesta Kesenian Bali 2017.

Diharapkan juga acara ini bisa berkelanjutan menghadirkan ketua sekaa teruna di periode yang lainnya. Sehingga semua bisa bercerita menyampaikan pengalamannya. Setelah berakhir ramah tamah, semua anggota dipersilahkan untuk melanjutkan brata Siwaratri masing-masing. rls/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER