Pratima di Pura Dalem Pinge Dicuri

  • 18 Januari 2020
  • 21:20 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2039 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Pratima berbentuk Dewi Dhurga di Pura Dalem Pinge, di Banjar Pinge, Desa Baru, Kecamatan Marga, Tabanan, hilang dicuri dan baru diketahui Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 08.00 Wita. 

Peristiwa itu bermula ketika SDN 1 Baru yang bersebelahan dengan Pura Dalem Pinge juga mengalami pencurian. Pagi itu salah seorang guru di SDN 1 Baru I Wayan Astawa, 52, tiba di sekolah dan melihat ruang guru dalam keadaan acak-acakan. Setelah dicek ternyata satu unit monitor dan CPU hilang. Saksi juga juga menemukan ada jejak kaki pada sofa. Kondisi itu kemudian dilaporkan kepada Bendesa Adat Pinge I Made Jadra Yasa sehingga Bendesa Adat langsung datang ke TKP.

Atas kondisi itu Bendesa Adat meminta Jero Mangku Pura Dalem I Nyoman Sudana untuk mengecek Pura Dalem Pinge yang lokasinya bersebelahan dengan SDN 1 Baru tersebut apalagi hanya dibatasi tembok penyengker saja. Karena curiga jika pencuri juga masuk ke dalam Pura. 

Dan memang ketika dicek didapati Gedong Pura Dalem sudah dalam keadaan berantakan dimana ternyata Pratima berbentuk Dewi Dhurga dan berlapis emas, Keris dan Pis Bolong yang ada didalamnya telah raib. Atas kejadian tersebut Bendesa Adat Pinge pun melaporkan ke Polsek Marga.

Kasubag Humas Polres Tabanam Iptu I Made Budiarta menyampaikan bahwa dalam kasus tersebut benda-benda yang hilang adalah 1 unit layar monitor CPY merk Futura Neo, 1 bilah keris, 7.500 biji uang kepeng, serta 1 buah Pratima berbentuk arca berbentuk Dewi Dhurga dengan dilapisi emas.

"Setelah dilakukan olah TKP, diketahui modus pelaku adalah mencongkel jendela pada sekolah kemudian masuk kedalam ruang guru dan mengambil monitor selanjutnya memanjat pagar atau penyengker Pura Dalem kemudian merusak gembok dan mengambil pratima," jelasnya.

Dan dalam peristiwa tersebut pihak SDN 1 Baru mengalami kerugian mencapai Rp 1,5 Juta dan Pura Dalem Pinge mengalami kerugian Rp 80 Juta. Saat ini pihaknya pun masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa tersebut. ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER