Pemkab Jembrana Gelar Lomba Layang Layang

  • 25 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1923 Pengunjung
suaradewata

Jembrana, suaradewata.com- MAsih dalam rangkaian HUT Kota Negara ke 124 dan HUT RI ke 74, Pemkab Jembrana menggelar Lomba Layang-layang terbuka untuk umum Tingkat Kabupaten Jembrana Tahun 2019 bertempat di Pantai Pengambengan Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. 

Ketua Panitia Dewa Putu Mertayasa mengatakan, peseta lomba kali ini berjumlah 489 layangan berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Jembrana dan luar Kabupaten Jembrana.  “Lomba di bagi dengan beberapa kategori seperti, kategori local yaitu bebean remaja, bebean dewasa dan kreasi, kategori open yaitu layangan bebean, layangan janggan, layangan pecukan dan janggan buntut,” katanya. 

Sementara Wabup Kembang Hartawan seusai membuka lomba laying-layang tersebut mengatakan tradisi melayangan sangat erat kaitannya dengan cerita Rare Angon. “Tradisi melayangan tidak hanya identik dengan anak anak saja, karena juga banyak dimainkan oleh orang remaja, dewasa bahkan orang tua. Layang-layang adalah tradisi yang sudah membumi di Jembrana dan patut kita pertahankan,” katanya sembari meminta agar juri melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa boleh diintervensi siapapun. 

Lebih lanjut, Wabup Kembang mengatakan, banyak hal posistif dalam yang patut dimaknai dalam lomba ini. Jangan hanya melihat bagaimana layangan tersebut di naikkan. “Ada berbagai proses dalam pembuatan yang membutuhkan, kerjasama, kebersamaan dan gotong royong. Itulah yang mempersatukan kita mulai di banjar banjar. Dan karena itulah kita berkomitmen agar event ini menjadi rutin setiap tahunnya,” jelasnya. dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER