Komisi IV Gelar Rakor Bahas Persiapan Porprov Bali 2019

  • 24 Mei 2019
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2928 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Komisi IV DPRD Tabanan menggelar rapat koordinasi mengenai persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2019, Jumat (24/5/2019) sekitar pukul 10.00 Wita dengan instansi terkait. Tabanan sendiri akan menjadi tuan rumah pada Porprov yang akan diselenggarakan bulan September 2019 mendatang.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi IV DPRD Tabanan I Made Dirga tersebut diikuti oleh anggotanya Ida Ayu Candrawati, I Made Edi Wirawan, I Nyoman Suadiana dan I Nyan Wiryadana serta dihadiri oleh Asisten II Setda Tabanan, Dinas PUPRPKP Tabanan, Bappelitbang Tabanan, Dinas Perhubungan Tabanan, Dinas Pariwisata Tabanan dan KONI Tabanan.

Ketua Komisi IV DPRD Tabanan, I Made Dirga mengatakan bahwa Porprov 2019 sudah semakin dekat sehingga pihaknya ingin mengetahui sejauh mana kesiapan instansi terkait sebagai penyelenggara event olahraga paling bergengsi di Bali tersebut. Terlebih sejauh ini pembangunan GOR Debes yang digadang-gadang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan Poprov masih terseok-seok. "Banyak masyarakat mulai mempertanyakan bagaimana kelanjutan pembangunan GOR Debes, begitu juga bagaimana persiapan Porprov, sehingga kita ingin mendapat penjelasan langsung," ujarnya.

Asisten II Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Miarsana pun menjelaskan bahwa persiapan Porprov Bali 2019 sudah mencapai 85 persen. Dengan segala keterbatasan yang ada, pihaknya senantiasa berbuat maksimal karena didukung oleh semua elemen termasuk DPRD Tabanan. Sedangkan untuk sarana dan prasarana hingga saat ini masih terus disiapkan. Sehingga nanti di bulan September 2019 seluruhnya siap digunakan. 

Adapun anggaran yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Porprov adalah sebesar Rp 20 Miliar yang bersumber dari APBD Tabanan dan baru cair Rp 7 Miliar. Serta tambahan Rp5 Miliar tinggal mengajukan ke KONI Bali. "Totalnya Rp 25 Miliar dan penggunaannya digunakan skala prioritas," paparnya.

 

Sementara itu Ketua Umum KONI Tabanan, Dewa Gede Ary Wirawan, jika nantinya venue akan tersebar di seluruh Kecamatan yang ada di Tabanan kecuali Selemadeg lantaran memang tidak ada lokasi yang memungkinkan untuk menggelar cabor. 

Makandari itu pihaknya berharap GOR Debes bisa diselesaikan sesuai tahapannya pada bulan Agustus 2019 mendatang. Disamping itu juga akan dibangun dinding panjat tebing di Lapangan Alit Saputra Dangin Carik Tabanan.

Mengenai prestasi, pihaknya menargetkan Tabanan dapat meraih 20 medali Emas dalam Porprov 2019 mendatang. Maka dari itu pihaknya akan memberilan bonus agar para atlet semakin semangat, yakni untuk perorangan mendapat Rp 50 juta, yang sebelumnya Rp 35 juta. "Untuk pengajuan ini kita ajukan di APBD perubahan tahun 2019 sekita Rp 3 Miloar sampai Rp 3,5 Miliar untuk bonus Atlet," jelasnya.

Kemudian Sekretaris Dinas PUPRPKP Tabanan, I Gusti Agung Oka Kamasan menyampaikan bahwa untuk pembangunan GOR Debes tahap II dokumen tender sudah tuntas di bulan Januari sehingga Maret sudah mulai tender, dan LPDJ dari pusat ada standar dokumen. Namun pada tanggal 25 Maret ada Permen baru yang harus dilengkapi di dalam dokumen tender saat itu. "Sehingga baru bulan April kita siap tender dan sudah ditetapkan pemenang tendernya. Pekerjaan akan dimulai 29 Mei 2019," paparnya.

Ditambahkannya pengerjaan tahap II akan menghabiskan waktu 180 hari kalender. Dan pada bulan September 2019 nanti  selesai atau tidak selesai maka pengerjaan akam dihentikan.l sementara. "Tapi diprioritaskan pembuatan tribun, perlengkapan sarana dan titik toilet serta ruang ganti. Naik ke gedung kita sudah bisa pasang tangga, akses masuk dari barat, paving sepanjang jalan menuju GOR itu Agustus minggu ketiga sudah selesai. Nanti tahap III baru finishing," tandasnya. ayu/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER