Evaluasi Program Bansos Rastra, Bupati Bangli Tekankan Ini

Oleh : ard/ari | 19 Maret 2019 | Dibaca : 2041 Pengunjung

Evaluasi Program Bansos Rastra, Bupati Bangli Tekankan Ini

sumber foto :suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com - Dalam upaya mewujudkan krama Bali yang sehat dengan pemberian bantuan sosial, Selasa (19/3) digelar acara evaluasi pelaksanaan Program Bansos Rastra dan persiapan program BPTN 2019 yang dirangkaikan dengan sosialisasi JKN UHC PBI Jamkesda. Acara yang dipusatkan di Balai Masyarakat Desa Wisata Penglipuran dihadiri oleh Sekretasis Daerah Kabupaten Bangli, Perwakilan Polres Bangli, Kadis Sosial Kabupaten Bangli, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, Kepala OPD dilingkungan Kabupaten Bangli dan Kepala Desa kelurahan di Kabupaten Bangli.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangli Nengah Sukarta melaporkan Kemiskinan merupakan salah satu masalah kesejahteraan sosial yang mengakibatkan dampak resiko sosial yang sangat kompleks harus segera ditangani bersama. Upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam hal ini adalah salah satunya dengan pemberian bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra) yang dulu dikenal dengan istilah Raskin, yang rencananya akan berubah menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Tujuannya, adalah sebagai evaluasi terhadap pelaksanaan program Bansos Rastra tahun 2018, agar dapat memperoleh hasil sesuai harapan yaitu tepat sasaran, tepat waktu efektif, efisien dalam penyaluran bansos.

Berikutnya memberikan Informasi rencana Pemerintah Pusat (Kemensos RI) untuk melakukann transpormasi/perubahan program bansos RASTRA menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta mensosialisasikan kepesertaan JKN-KIS PBI JAMKESDA. Kabupaten Bangli tahun 2019. kegiatan ini dibiayai dari APBD Kabupaten Bangli yang tertuang dalam DPA Dinas Sosial Kab. Bangli 2019. Peserta yang diundang sebanyak 118 orang yang terdiri dari Aparat Desa, OPD Terkait dan Pendamping Sosial dengan nara sumber dari BPJS Kesehatan, Dinas Sosial dan Kapolres Bangli.

Sementara Itu dalam sambutan Bupati Bangli yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli Ir. IB. Gde Giri Putra,MM menyampaikan mimpi yang indah dimana semua pihak memperjuangkan kesejahteraan dalam segala hal untuk Bangsa Indonesia umumnya dan untuk golongan masyarakat yang lemah dan miskin khususnya. Bansos RASTRA yang disalurkan kepada keluarga miskin dalam memenuhi kebutuhan pokok yang menjadi hak dasarnya untuk mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan akses masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

Manfaat yang didapat dalam bansos RASTRA adalah terpenuhi kebutuhan pokok pangan, 10 Kg/KPM/Bulan. Dengan akses yang mudah dijangkau, karena Bansos RASTRA diantar sampai titik ristribusi kantor Desa/lurah. Mengurangi beban ekonomi, karena bansos rastra diperoleh gratis, dimana sebelumnya harus ditebus Rp. 1.600/Kg. 15 Kg/KPM/bulan. Selain itu juga sebagai stabilitas harga beras dipasaran. Sebagai pengendali inflasi dan menjaga stok pangan Nasional dan membantu pertumbuhan ekonomi daerah pada tahun 2018 program Bansos RASTRA berkontribusi besar dalam ketahanan pangan Kab. Bangli sebesar 853.770 kg. “Raskin menjadi polemik dalam masyarakat seperti sulit menentukan penerima sehingga ada yang dibagi rata, ada yang dibagi secara bergilir,” ungkapnya. Hal itu, lanjutnya, dikarenakan data yang tidak akurat, bahkan paling kontropersi Raskin dijadikan sebagai pakan ternak dengan alasan kualitas beras yang tidak bagus. “Mengantisispasi hal hal tersebut Bansos RASTRA diberikan dengan pola tidak berbayar, oleh karena itu para Perbekel dan lurah dapat berupaya maksimal agar makna Bansos RASTRA dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Data yang diberikan harus valid dan akurat, kalaupun agar dapat diselesaikan bersama secara arif dan melalui mekanisme yang ada” pungkasnya.

Acara di akhiri dengan Penyerahan bantuan oleh Sekda IB. Giri Putra berupa Kursi roda kepada Bpk. I Ketut Sentana, Br. Dadia Desa Taman Bali Bangli, Tongkat Ketiak yang diterima oleh Sang Nyoman Yudana, Br. Pande, Desa Taman Bali, Bangli Berikutnya bantuan Berupa Walker kepada Bpk. I Wayan Genter Br. Bangunlemah Kawan, Ds Apuan Susut. Bantuan Alat Bantu dengan kepada i Putu Yogi (II) Br. Dadia, Ds Taman Bali Bangli, Tongkat Tuna Netra kepada I Putu Andriana (6) Br. Gebgan Ds. Kayubihi Bangli dan penerimaan secara simbolis kartu JKN KIS UHC PBI JAMKESDA Kabupaten Bangli kepada Bpk. I Nengah Sedan dari Lingkungan Br. Tegal Suci, Kubu Bangli. ard/ari


Oleh : ard/ari | 19 Maret 2019 | Dibaca : 2041 Pengunjung


TAGS : rastra




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Tabanan, 20 Juli 2019 20:05
Hadiri HUT Koperasi, Wabup Sanjaya Meminta Koperasi Memiliki Kesiapan dan Bekal Sumber Daya Handal
Tabanan,suaradewata.com – Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, meminta Koperas ...
Denpasar, 20 Juli 2019 17:24
Wujudkan Perilaku Damai, Komunitas GP Gelar Retreat and Bonding
Denpasar, suaradewata.com - Komunitas Gema Perdamaian gelar kegiatan Retreat and Bondin ...
Denpasar, 20 Juli 2019 17:21
Berkas Sudikerta Kembali Dilimpahkan, JPU Punya Waktu 14 Hari
Denpasar,suaradewata.com - Berkas perkara pencucian uang hasil dugaan penipuan dan penggelap ...
Nusantara, 20 Juli 2019 09:26
Inginkan Khilafah di Indonesia, PA 212 Perlu Diwaspadai
Opini,suaradewata.com - Asep Syaifudin selaku Pelaksana tugas Ketua PA 212, mengharapkan agar kon ...
Nusantara, 20 Juli 2019 09:25
Jurus Sia-Sia Ijtima Ulama 4 Pasca Pertemuan Jokowi-Prabowo
Opini,suaradewata.com - Persaudaraan Alumni (PA) 212 berencana menggelar ijtima Ulama keempat unt ...
Tabanan, 19 Juli 2019 20:50
Atlet Pencak Silat Tabanan Try Out ke NTB
Tabanan, suaradewata.com - Tim Porprov Pencak Silat Tabanan melakukan tryout dengan tim ...
Nusantara, 19 Juli 2019 20:49
Bali Terima Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Lewat Sipadu
Semarang,suaraddewata.com - Gubernur Bali Wayan Koster yang diwakili Kepala Dinas Tanaman Pangan, ...
Denpasar, 19 Juli 2019 20:47
Ciptakan Birokrasi Berintegritas dan Berkinerja Tinggi, Pemprov Bali Bentuk Agen Perubahan
Denpasar,suaradewata.com - Untuk merubah pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) di ...
Buleleng, 19 Juli 2019 19:37
Hampir Setengah Kilogram Narkoba Dimusnahkan Kejari Buleleng
Buleleng,suaradewata.com - Sebanyak 475,81 gram atau hampir 0,5 (setengah) Kilogram (Kg) nar ...
Jembrana, 19 Juli 2019 19:12
Hut Kota Negara Ke-124 Tampilkan 55 Kegiatan
Jembrana,suaradewata.com-Peringatan Hut Kota Negara ke-124 mengusung tema  Prabawa Nata ...

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 

Facebook

Twitter