Sukseskan TMMD, Bupati Made Gianyar Ikut Ratakan Jalan

Oleh : ard/ari | 15 Februari 2019 | Dibaca : 1792 Pengunjung

Sukseskan TMMD, Bupati Made Gianyar Ikut Ratakan Jalan

sumber foto :suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com - Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum.,M.Kn didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangli Ir. I.B. Gde Giri Putra, MM dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Jumat (15/3) turut terlibat dalam Karya Bhakti Pra Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku Bangli. Dalam kegiatan karya bhakti ini, Bupati Made Gianyar dan jajaran juga ikut melaksanakan perataan badan jalan dan membersihkan drainase. Turut hadir dalam Karya Bhakti Pra TMMD, Dandim 1626 Bangli Letkol. Cpn. Andy Pranoto, unsur TNI/Polri dan ASN dilingkungan Pemkab Bangli serta masyarakat setempat.

Bupati Made Gianyar pada kesempatan itu mengatakan, sebagai bupati yang lahir dari desa, ia memiliki komitmen membangun desa-desa di Bangli agar lebih maju. Oleh karenanya, saat pertama kali dilantik sebagai Bupati Bangli, ia membuat kebijakan membangun Bangli dari desa dan membangun desa dari keluarga, dengan berbagai program unggulan, seperti Gerbangdessigot, Gerbang Gita Santi, ADD yang besar dan hotmix masuk desa. 

Ia juga menyampaikan rasa bangganya, karena program membangun Bangli dari desa yang sudah berjalan di Kabupaten Bangli sejak tahun 2011, diikuti oleh Presiden Joko Widodo melalui nawacitanya yang nomor tiga, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dan membangun Indonesia dari desa.

Ia juga bercerita, dulu program hotmix masuk desa sempat diragukan oleh beberapa tokoh, apakah program ini bisa terlaksana. Ternyata sekarang tidak hanya jalan Kabupaten yang ada di desa yang sudah terhotmix, tetapi juga jalan kabupaten yang ada di banjar-banjar sudah terhotmix. "Dulu target saya hanya jalan kabupaten di desa dan jalan menuju kantor desa saja yang akan dihotmix. Astungkara ternyata sekarang jalan antar banjar juga sudah terhotmix. Saya jamin jalan desa dan kota di Kabupaten Bangli tidak ada perbedaan, semua sudah terhotmix," ujarnya.

Bupati Made Gianyar juga meminta masyarakat bisa membangun pola pikir jangan sering mengatakan tidak. Ia mengatakan, untuk kemajuan tidak boleh ada kata tidak. Semua harus bilang bisa, bisa dan bisa. Ia mencontohkan, kalau dari awal masyarakat bilang tidak bisa, pasti jalan karya bhakti TMMD ini tidak akan pernah ada. Karna masyarakat bilang bisa, maka jadilah jalan TMMD hasil kolaborasi TNI, pemerintah daerah dan masyarakat. Coba masyarkat kemarin bilang tidak, maka jalan ini (TMMD) tidak akan pernah ada. "Untuk kemajuan dan hal-hal yang baik, saya minta masyarakat  hilangkan kata tidak bisa. Diajak ini tidak bisa, diajak itu tidak bisa. Mulai sekarang harus katakan bisa, bisa dan bisa. Kata tidak hanya untuk narkoba, kekerasan, terorisme dan korupsi," terangnya.

Ia juga mengatakan, konsep jalan yang dibangun melalui TMMD sekarang lebih lengkap. Karena setelah jalan dibangun, tidak berhenti sampai dipemasangan batu gladak saja, tetapi sampai dilapen. "Karena sudah terbiasa dengan jalan hotmix, saya yakin masyarakat tidak akan puas kalau jalan TMMD hanya sampai di pemasangan batu gladak. Oleh karenanya, di Kabupaten Bangli jalan TMMD dibangun sampai lapen," ucapnya. 

Sementara Dandim 1626 Bangli Andy Pranoto pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mengiklaskan tanahnya untuk dijadikan akses jalan TMMD. Ia mengatakan, setelah jadi nanti, jalan dengan panjang 1,5 kilimeter dan lebar 5 meter ini akan memberikan manfaat yang besar untuk kemajuan perekonomian masyarakat Desa Peninjoan. "Terima kasih saya sampaikan kepada masyarakat yang sudah merelakan tanahnya untuk akses jalan TMMD. Yakinlah jalan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian masyarakat disini" jelasnya.

Ia juga menambahkan, tujuan utama dari kegiatan TMMD bukan hanya menyasar terbangunya fisik jalan yang menghubungkan Banjar Tampuagan dengan Banjar Penarukan, tetapi bagaimana TNI bisa melestarikan semangat gotong royong kepada masyarakat sebagai warisan leluhur. Menurutnya gotong royong merupakan modal utama untuk bisa meningkatkan stabilitas di masing-masing wilayah. Karena alasan inilah TNI terus melakukan TMMD, karena sasaran kita tidak hanya pembangunan fisik, tetapi yang tidak kalah penting adalah bagaimana menanamkan dan melestarikan semangat gotong royong. "Kalau sasaranya hanya fisik, Bapak Bupati pasti bisa menyelesaikan pembangunan jalan ini, dengan menyerahkan ke pihak ketiga, pasti selesai. Tapi disana tidak ada nilai gotong royong seperti ini. Kita sama-sama bekerja, pemerintah bekerja, TNI bekerja dan masyarakat juga bekerja" ucapnya. ard/ari


Oleh : ard/ari | 15 Februari 2019 | Dibaca : 1792 Pengunjung


TAGS : TMMD 104




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Badung, 22 Mei 2019 20:13
5 Sekolah Tingkat SMP Baru di Badung dapat 918 Laptop Gratis
Badung, suaradewata.com  -Pemerintah Kabupaten Badung kembali bagi-bagi laptop geratis. Kali ...
Denpasar, 22 Mei 2019 17:51
AMO Bali Dukung Ajakan Gubernur Jadikan Bali Terdepan Jaga Perdamaian
Denpasar, suaradewata.com- Asosiasi Media Online (AMO) Bali yang mewadahi sekitar 11 media online ...
Bangli, 22 Mei 2019 17:45
Nah Loe, Pemkab Gandeng KPK Dalam Penagihan Seluruh Jenis Pajak
Bangli, suaradewata.com – Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masya ...
Denpasar, 22 Mei 2019 17:38
Atasi Ketimpangan Pembangunan Antar Wilayah, Bappeda Litbang Bali Gelar Seminal
Denpasar, suaradewata.com - Pembangunan di Bali secara umum telah berlangsung dengan mencapai sej ...
Denpasar, 22 Mei 2019 14:47
Ambil Baju Kotor Milik Napi, Teddy Terancam Hukuman 15 tahun Bui
Denpasar, suaradewata.com - Teddy pria 30 tahun asal Jakarta ini hanya bisa menyesali perbua ...
Tabanan, 22 Mei 2019 14:45
Bupati Eka Dorong Pemerintah Pusat Memfasilitasi Pembentukan Badan Pengelola WBD
Tabanan, suaradewata.com - Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti ...
Badung, 22 Mei 2019 14:41
Kapolres Badung Bersafari Ramadhan Ke Mushola Al – Hijriyah Kerobokan Kaja
Badung, suaradewata.com - Menjelang senja tepatnya pukul 17.00 Wita hari Selasa (21/05/ ...
Tabanan, 22 Mei 2019 14:40
Polres Tabanan Gelar Buka Puasa Bersama
Tabanan, suaradewata.com - Dalam rangka untuk membangun rasa kebersamaan, menjadikan bu ...
Tabanan, 22 Mei 2019 14:39
Sat Pol PP Tabanan Bina Sat Linmas Mengesta
Tabanan, suaradewata.com - Sat Pol PP Kabupaten Tabanan bina Sat Linmas Desa Mengesta K ...
Tabanan, 22 Mei 2019 00:06
Pasca Pengumuman KPU, Ini Kata PDIP dan Gerindra Tabanan
Tabanan, suaradewata.com -Pasca diumumkannya penetapan perolehan secara nasional oleh K ...

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 

Facebook

Twitter