Ribuan Warga Saksikan Iringan Pelebon Permasuri Raja Denpasar IX

  • 14 November 2018
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 4696 Pengunjung
suaradewata

Denpasar,suaradewata.com- Upacara palebon, permaisuri Raja Denpasar IX (Ida Tjokorda  Ngurah Jambe Pemecutan), (alm) Dampati Ida Anak Agung Ayu Oka Pemecutan, dibanjiri warga Denpasar yang menyaksikan iring-iringan bade tumpang 9.

Tidak hanya ratusan pengiring, bahkan ribuan warga turut menyaksikan iringan upacara yang mengekor menuju Setra Badung, Rabu (14/11) di Denpasar.

Penglingsir Puri Denpasar yang juga putra pertama almarhum, Dr. A.A.Ngurah Agung Wira Bima Wikrama,ST.,M.Si., mengungkapkan bahwa segala perlengkapan sudah selesai dikerjakan jauh hari sebelumnya.

Dikatakannya, upacara ini menggunakan Bade yang dilengkapi dengan 9 tumpang (atap). Bila diukur secara keseluruhan, tingginya mencapai 18 meter. 

"Bade ditempatkan di depan Jaya Sabha. Layon akan naik ke bade di lokasi itu, bukan dari depan puri. Karena lokasi puri sebelumnya, berada di areal Jaya Sabha," ujarnya.

Terkait dengan upacara palebonnya, kata Wira Bima, mengambil tingkat upacara utamaning utama, yakni munggah patrang panca datu. 

Menggunakan sarana bade tumpang sembilan dengan tinggi sekitar 18 meter. Juga dilengkapi dengan pebasmian dan lembu. 

“Karena beliau sudah madwijati kaprabon, maka tingkat upacara yang dilakukan  harus yang utama,” ujar mantan anggota DPRD Denpasar ini.

Serangkaian upacara palebon ini, Wira Bima Wikrama mempermaklumkan kepada masyarakat Denpasar, karena beberapa ruas jalan tentu mengalami gangguan. 

Dikatakan upacara tadi dimulai dari kegiatan di Puri Agung Denpasar di Jalan Veteran Denpasar. Kemudian layon (Jenazah) dibawa ke depan Jaya Sabha di Jalan Surapati Denpasar untuk munggah (dinaikkan) ke Bade. Saat menghantarkan ke Setra Badung melewati Jalan Udayana - Jalan Hassanudin - Jalan Imam Bonjol Denpasar.

Untuk diketahui, (alm) Dampati Ida Anak Agung Ayu Oka Pemecutan merupakan permaisuri Raja Denpasar IX (Ida Tjokorda  Ngurah Jambe Pemecutan). Ida Anak Agung Ayu Oka Pemecutan meninggal pada 17 Oktober 2018 lalu  diusianya yang ke 74 tahun karena mengidap penyakit diabetes.

Almarhum semasa hidupnya mengabdikan diri sebagai seorang guru di SMKN 4 Denpasar. Ida Anak Agung Ayu Oka Pemecutan meninggalkan 4 orang putra dan 1 orang putri. Mot/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER