Bupati Artha Kunjungi Penderita Disabilitas

  • 16 Agustus 2018
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1973 Pengunjung
suaradewata

Jembrana, Suaradewata.com- Sehari jelang puncak peringatan HUT Kota Negara ke 123 tepatnya pada Selasa(14/8) Bupati I Putu Artha kunjungi I Putu Artana(38) , warga masyarakat penderita Disabilitas( keterbatasan  mental) di Lingkungan Satria kelurahan Pendem kecamatan Jembrana. Saat tiba di rumah Artana yang berada di tepian sungai ijogading, Bupati I Putu Artha disambut oleh Camat Jembrana Anom Saputra serta Lurah Pendem Putra Mahardika bersama jajaran lingkungan setempat.

Artana yang sejak lahir telah menderita disabilitas, nampak cukup ceria saat dikunjungi oleh orang nomor satu di bumi mekepung . Bahkan sambil duduk bersila diatas ranjang, Ia sempat menyapa rombongan dengan kata “Merdeka” dan salam umat Om Swastiastu.   Kesempatan itu nampaknya dimanfaatkan oleh Bupati bersama ketua DPRD I Ketut Sugiasa dan ketua Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial ( K3S), Ni Kade Ari Sugianti untuk melakukan cek kesehatannynya dengan dibantu para perawat dan dokter. Dari hasil cek kesehatan oleh petugas ternyata Artana , secara fisik dikategorikan sehat, tensinya juga masih  normal.

Selain mengunjungi warganya di Kelurahan Pendem,secara marathon Artha juga mengunjungi warga lainnya dengan kondisi serupa . Seperti warga yang tinggal di kelurahan Baler Bale Agung kecamatan Negara, dihuni  3 (tiga) kepala keluarga (kk) yakni, Ni Wayan Tini(21), Ni Ketut Istiani(42)  dan Ketut Sadi(76).

Dari 3 (tiga) kk yang dikunjungi di kelurahan BB Agung, Bupati I Putu Artha sempat kaget melihat kondisi salah satu warganya, Ni Wayan Timi (21). Pasalnya, sejak lahir, Timi yang hanya diasuh dan tinggal bersama ibunya menderita penyakit lumpuh bahkan segala aktivitasnya sejak puluhan tahun hanya mengandalkan ibunya, Ni Ketut Darmi. Ketika dilihat secara langsung dikamarnya, Bupati Artha juga sangat kaget ketika melihat langsung kondisi kamar Timi. Hal itu lantaran  kamarnya sangat gelap, hanya lampu kecil temaram yang menerangi tanpa adanya ventilasi agar cahaya masuk.  Beberapa atap bangunannya juga tampak   sudah sangat layak untuk direnovasi. “Pak Lurah bisa minta bantuan perbaikan untuk perumahan. Kalau dilihat kondisinya rumah begini, mungkin bisa dimintkkan perbaikan katagori sedang melalui PUPR. Segera tindaklanjuti, termasuk mengupayakan bantuan untuk kursi roda “harap Bupati Artha.

Sebelum mengakhiri kunjungannya di desa Melaya tepatnya di dusun Pangkung Dedari, Nur Haekal Basr (6), Bupati Artha juga sempat menemui penderita di desa Baluk kecamatan Negara,Made Sandi Wibawa (9).

Disela-sela kunjungan itu, Bupati Artha mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan HUT Kota Negara dan HUT Kemerdekaan RI, “HUT kota Negara dan HUT RI, selain diisi dengan berbagai ragam kegiata seperti hiburan, olah raga termasuk hiburan dan Jembrana Festival juga kita ingin dalam rangkaian perayaan ini kita berbagi rasa bersama warga masyarakat terutama warga kita yang sedang sakit, “ujarnya.

Bupati Artha juga minta, warga masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dengan selalu memanfaatkan jasa pelayanan kesehatan, “sekarang fasilitas kesehatan selalu kita sediakan bahkan tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas sudah sangat dekat dan layak. Saya harapkan agar dimanfaatkan dengan baik, “pungkasnya. rls/sar

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER