Terjadi Penurunan Kasus Kejahatan Yang Ditangani Polres Gianyar di Tahun 2017

  • 31 Desember 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3066 Pengunjung
suara dewata

Gianyar, suaradewata.com – Kasus kejahatan yang ditangani Polres Gianyar tahun 2017 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2016. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Gianyar AKBP Djoni Widodo SIK, saat jumpa pers dengan awak media, Sabtu (30/12).

AKBP Djoni Widodo mengungkapkan, secara umum terjadi penurunan angka kejahatan baik kejahatan konvensional maupun kejahatan terhadap kekayaan Negara maupun pelanggaran HAM di wilayah hukum Polres Gianyar. Mulai dari pelaporan dan penyelesaian kasus. Di tahun 2016 kasus kejahatan konvensional seperti curas, curat, curanmor, pembunuhan dan narkoba terjadi sebanyak 367 kasus, sedangkan di tahun 2017 hanya sebanyak 343 kasus. “Terjadi penurunan kasus kejahatan konvensional sebanyak 24 kasus atau 6,53%,” ungkapnya.

Kejahatan terhadap kekayaan Negara, ada 8 item mulai dari korupsi, lingkungan hidup, migas bersubsidi, KSDA, BBM, pertambangan illegal, pupuk bersubsidi dan kejahatan telekomunikasi juga terjadi penurunan. Tahun 2016 terjadi 26 kasus, sedangkan tahun 2017 11 kasus. “Kejahatan berorientasi ke konflik sosial,alhamdulilah tahun 2017 di Gianyar tidak pernah terjadi. Semoga di tahun 2018 di Gianyar juga berjalan kondusif,” paparnya.

Salah satu kasus menonjol yang ditangani Polres Gianyar di tahun 2017 adalah kasus pemalsuan tiket pertandingan Gojek Traveloka tim Bali United. Pengungkapan pemalsuan tiket pertandingan dilakukan oleh sindikat berskala nasional yang telah mendapatkan apresiasi dari penyelenggara.

Selain memberikan reward terhadap personel Polri yang telah melakukan tugas dengan baik dan berprestasi, Polres Gianyar juga memberikan sanksi terhadap personel yang tidak mengikuti aturan lembaga Kepolisian. Reward and punishment diberikan kepada anggota sesuai dengan perintah dari pimpinan. “Ada 2 persnonel dari Polsek Blahbatuh yang telah mendapatkan sanksi administratif karena telah melanggar ketentuan sebagai anggota Polisi,” jelas Kapolres asal Kediri, Jawa Timur ini.

Berbagai terobosan kreatif juga telah dilakukan Polres Gianyar selama tahun 2017 untuk melayani dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, salah satunya adalah Bhabinkamtibmas Pariwisata. Kabupaten Gianyar sebagai salah satu tujuan wisata baik dari wisatawan asing maupun domestik, harus meberikan rasa aman kepada para turis. “Polres Gianyar menjadi satu-satunya yang memiliki Bhabinkamtibmas Pariwisata di jajaran Polda Bali,” ucap mantap Kapolres Jembrana ini. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER