Sinergitas Kodim 1616/Gianyar Dan Pemkab, Beri Pelayanan KB

  • 14 September 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3389 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.com –  Komando Distrik Militer (Kodim) 1616/Gianyar menggandeng Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar menggelar pelayanan program KB keliling di Kampung KB Banjar Marga Sengkala, Desa Bedahulu, Kecamatan Blahbatuh, Rabu (14/9).

Dandim 1616/Gianyar Letkol Berto SP. Capah mengatakan, pelayanan KB gratis merupakan bagian dari program layanan TNI terhadap masyarakat, selain di bidang pertanian. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan keluarga berkualitas. “Kami apresiasi antusias warga yang sadar dalam mendukung program pengendalian penduduk,” kata dia.

Letkol Berto menjelaskan, TNI ingin sepenuhnya terlibat langsung dalam pelayanan tersebut. Salah satunya dengan mengimbau jajarannya untuk turut menjadi pelopor Vasektomi. Ada beberapa anggotanya yang sudah melakukan MOP, dan diundang untuk memberi testimoni terhadap masyarakat. ”Biasanya usai mendengar pengalaman anggota kami, ada saja warga pria yang tertarik untuk vasektomi,”katanya.

Dia juga berharap, warga semakin paham akan pentingnya mengendalikan jumlah penduduk, agar tidak sampai kebablasan memiliki banyak keturunan. Sebab, kebutuhan ekonomi kian hari meningkat, biaya kehidupan pun sangat tinggi. ”Dua anak saja cukup lah,” ujarnya.

Kepala BPPKB Kabupaten Gianyar Ida Ayu Sri Ambari mengatakakan, minat masyarakat untuk mengikuti program KB semakin meningkat dari tahun ke tahun. Terutama kaum pria. Hal tersebut berdasarkan data kepesertaan tahun 2015 ditargetkan 50 akseptor, terealisasi 70 orang, kemudian untuk tahun 2016, hingga bulan September sudah mencapai 33 orang dari 50 yang ditargetkan. ”Bahkan, Oktober nanti sudah ada 20 calon akseptor yang disiapkan,” terang Dayu Ambari.

Dayu Ambari juga menegaskan, tidak ada diskrimasi terhadap program layanan KB ini. Seluruh warga agama atau etnis apapun, asal memiliki KTP wilayah Kabupaten Gianyar, maka akan tetap mendapatkan pelayanan tersebut. Hal tersebut dibuktikan, dengan hadirnya puluhan warga umat muslim yang turut berpartisipasi. Mereka pun berbaur dengan warga lokal, dan mendapatkan pelayanan terbaik dari petugas kesehatan.”Ke depan, pelayanan akan semakin intens, sehingga makin banyak masyarakat Gianyar terlayani,” kata istri Sekda Gianyar Ida Bagus Gaga tersebut.

Wayan Kutarini, 41, salah satu warga Banjar Marga Sengkala menyatakan kepuasannya atas layanan KB gratis tersebut. Dia mengaku sama sekali tidak ada keluhan, dan sangat nyaman memakai KB melalui inplan yang dipasang di bagian pertengahan lengan.”Ini lebih nyaman, ketimbang cara AKRD yang dipasang di leher Rahim. Tahun depan suami saya akan saya anjurkan melakukan KB,” ucap ibu 3 anak tersebut. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER