Puluhan Pasien Terlantar Huni RSJ Bangli

  • 08 Juni 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3267 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com- Pihak Rumah Sakit Jiwa Propinsi Bali di Bangli  kini menampung  puluhan pasien terlantar  atau  yang dikenal dengan sebutan pasien Mr X.  Sebagian besar pasien datang ke RSJ diantar oleh  Satpol PP  atau juga oleh pihak kepolisian. Dari total  49 pasien terlantar itu  sebagian besar  dibawa oleh petugas dari Denpasar . Tentu keberadaan pasien terlantar ini menjadi beban  bagi pihak RSJ,  apalagi tahun 2015  pasien tidak lagi ditanggung JKBM. Walaupun demikian para pasien tetap mendapat hak pengobatan dan juga  makan sehari- hari.

Hal ini diakui, Wadir  Pelayanan RSJ Propinsi Bali, dr Nyoman  Sukarta saat dikonfirmasi terkait  keberadaan  pasien terlantar, Senin (08/06/2015).  Disebutkan, dari total  369 pasien yang menjalani rawat inap,  sebanyak 49 pasien merupakan pasien terlantar. Disebut pasien  terlantar  karena tidak ada pihak yang bertanggung jawab terhadap pasien  atau  tidak ada pihak keluarganya "Kebanyakan pasien terlantar ini  datang ke RSJ  diantar oleh petugas Sat Pol PP atau pihak kepolisian dan di pungut dari jalanan," tegasnya. 

Hal ini, diakuinya menjadi salah satu problem bagi pihak RSJ. Hanya saja, pihaknya mengaku tidak bisa berbuat banyak. Terutama jika ada pasien harus  membutuhkan  terapi  dan harus  menjalani perawatan di rumah sakit  umum karena mesti menunjukkan identitas pasein. "Hal ini biasanya bagi kita jadi masalah," sebutnya. Sementara, upaya untuk menemukan keluarga atau alamat pasien baru bisa dilakukan setelah kejiwaanya sudah mulai pulih. "Kebanyakan yang kita tampung  sejatinya secara medis sudah bisa pulang, tapi  tetap saja kita kesulitan mendapatkan alamat,” tegasnya. ard

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER