Dua Tahun Lalu Disclaimer, Kini Tabanan WTP

  • 03 Juni 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3181 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com  – Setelah di ganjar disclaimer oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk pengelolaan anggaran tahun 2012 lalu, penilaian Tabanan kini berubah drastic. Hanya dalam waktu dua tahun Tabanan kini telah mencapai menilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kepastian itu terungkap dalam penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tabanan Tahun 2014 di Kantor BPK RI Perwakilan Denpasar, yang langsung diterima Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, dari Ketua BPK Perwakilan Bali Arman Syifa, Rabu, (3/6).

Seperti diketahui pengelolaan anggaran Tabanan tahun 2012 diganjar disclaimer. Pasca status memalukan itu Tabanan bergerak cepat melakukan pembenahan. Setahun kemudian yakni tahun 2013 Tabanan  mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Dan kini, setelah dua tahun melakukan upaya yang sama secara konsisten, opini itu tersebut terdongkrak menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

 Disela-sela penyerahan piagam WTP, Ketua BPK Perwakilan Bali Arman Syifa mengatakan pihaknya telah mempertimbangkan apa yang telah dilaksanakan Pemkab Tabanan selama dua tahun terakhir. Dari hasil evaluasi tersebut, tidak sedikit perkembangan yang telah dicapai dari sisi pengelolaan anggaran. Dan, hal ini ditunjang respon cepat Pemkab Tabanan dalam menindaklanjuti setiap temuan dari hasil pemeriksaan selama dua tahun terakhir. “Kami telah melakukan evaluasi dan melihat banyak perkembangan yang signifikan. Ini menjadi dasar penilaian kami. Sehingga kami memberikan opini yang lebih yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ujar Arman.

Atas opini tersebut Bupati Eka mengungkapkan rasa syukurnya. Baginya, ini merupakan kado istimewa bagi kepemimpinan Eka Jaya yang sebentar lagi akan berakhir pada Agustus 2015 mendatang. “Tentu secara pribadi saya bersyukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa untuk opini ini. Ini merupakan hadiah bagi kepemimpinan Eka Jaya di akhir masa tugasnya. Dan, tentunya ini merupakan kerja keras semua pihak yang tetap menjaga semangat dan konsistensinya untuk memperbaiki pengelolaan anggaran daerah,” ucap Bupati Eka didampingi Wakil ketua DPRD Tabanan, I Wayan Gindera.ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER