Penjor Merah Putih Semarakkan Gianyar

  • 03 Agustus 2014
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3702 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com- Perayaan Hut Provinsi Bali ke-56 dan Hut Ke-69 Kemerdekaan RI di Kabupaten Gianyar untuk kali ini dikemas berbeda. Pada tahun-tahun sebelumnya perayaan Hut Provinsi Bali dan Hut Kemerdekaan dipusatkan di Kota Gianyar. Tahun ini acara dikemas mencakup diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Gianyar.

Sekda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra mengatakan, perayaan Hut Provinsi Bali ke-56 dan Hut Kemerdekaan RI Ke-69 memang dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Dimana berbagai kegiatan dan perayaan tidak hanya difokuskan di kota saja namun disebar di seluruh kecamatan dengan melibatkan seluruh eleman masyarakat,” Gaga Adi Saputra, Minggu (3/2). 

Tujuannya tiada lain, adalah untuk menggelorakan semangat dan rasa nasionalisme ke seluruh daerah di Gianyar. Berbagai kegiatan, lomba dan perayaan lebih ditekankan pada esensi untuk lebih mengenalkan dan menedekatkan kembali pada nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme, adak didik, generasi muda, masayrakat dan seluruh eleman yang ada.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, gerakan kebersihan/gotong royong kebersihan  lingkungan seluruh masyarakat di Kabupaten Gianyar, lomba lagu perjuangan, pelatihan kepemimpinan kepada organisasi perempuan, lomba praktek upacara bendera, lomba gerak jalan SD, SMP, SMA/SMK dan Organisasi Perempuan, Lomba Penjor Merah Putih, Deklarasi Kabupaten Gianyar menuju kota layak anak.

Selain itu, juga ada pemberiaan bingkisan kepada penyandang cacat, seminar pranikah, sosialisasi telepon sahabat anak, lomba membuat pejati alit dan sarana upakara saru ayam brumbun, diklat kepemimpinan anak daerah, lomba gerak jalan joang 45, Penayangan Film Dokumenter, pemberian bingkisan kepada veteran, konser musik  dan apel peringatan detik-detik proklamasi yang dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan.

Sementara untuk di tujuh Kecamatan di Kabupaten Gianyar, juga berlangsung berbagai kegiatan diantaranya, lomba bulutangkis antar club, gerak jalan SD, SMP, SMA/SMK dan PKK, lomba pasraman budi pekerti dan jalan santai di Kecamatan Tampaksiring. Di Kecamatan Ubud berlangsung lomba bulutangkis jago kapuk dan antar desa, pertandingan futsal, lomba mesanggul tanpa cermin, karaoke dan kekawin, lambo melukis antar TK dan SD. 

Sementara di Kecamatan Blahbatuh, lomba volly jago kapuk antar aparatur desa, pemberian bingkisan kepada penyandang cacat, lomb tarik tambang antar SD, jalan santai, gerak dan lagu, pengobatan gratis, karnaval TK, pemberian bingkisan kepada veteran, malam pertunjukan seni dan kuliner.

Untuk di Kecamatan Sukawati,  gerak jalan SD, pengobatan gratis, penyerahan bingkisan, lomba cerdas-cermat, serta perayaan malam peringatan 17 Agustus. Untuk Kecamatan Tegallalang digelar lomba gerak jalan, pengobatn gratis, dan aneka lomba. Sementara di Kecamatan payangan di gelar pawai dan pemetasan baleganjur. one


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER