Puluhan Petarung Ambil Bagian Kejuaraan Tarung Derajat

  • 02 Agustus 2014
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1989 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com- Menyadari semakin dinamisnya olahraga beladiri Tarung Drajat. Pengurus Cabang Keluarga Olahraga Tarung Drajat (KODRAT) Kabupaten Gianyar, menggelar kejuaraan antar satuan latihan (satlak) di Gedung Olahraga Kebo Iwa Gianyar, Sabtu (2/8). Kejuaraan tersebut dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa Pemayun dengan memperebutkan Piala Bupati Gianyar Tahun 2014.  

Ketua Pengurus Cabang KODRAT Kabupaten Gianyar, A A Oka Digjaya mengatakan, kejuaraan antar satlak ini merupakan event yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Gianyar bahkan di Bali. Kejuaraan ini sendiri diikuti oleh 43 petarung dari 5 Satlak yang ada di Kabupaten Gianyar dengan 9 kelas yang dipertandingkan.  Kelima satlak tersebut yakni, Satlak Gajah Merah, Celuk Sukawati; Satlak Garuda, Peliatan Ubud; Satlak Belah Pane, dan dua diantaranya merupakan satlak yang ada di sekolah, yaitu Satlak SMA Negeri 1 Sukawati dan Satlak SMA Negeri 1 Blahbatuh.

Oka Digjaya menambahkan, kejuaraan ini dilaksanakan sebagai upaya dalam pembibitan dan kaderisasi petarung yang dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Event ini juga dimanfaatkan sebagai ajang sosialisasi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Gianyar dalam rangka mempersiapkan petarung-petarungnya untuk berlaga di Porsenijar nantinya. 

Dimana untuk olahraga Tarung Derajat kini telah masuk dalam agenda Porsenijar. Selain itu, kejuaran ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke 69 Republik Indonesia. “Event ini disamping untuk menjaring bibi-bibit baru, juga sosialisasi kepada sekolah-sekolah untuk persiapan Porsenijar nantinya,” terang A A Oka Digjaya.

Ketua Umum KODRAT Bali, Kompyang R Swandika, kejuaran antar satlak yang baru pertama kali dilaksanakan se-Bali ini sangat penting dan strategis dalam rangka menumbuh kembangkan serta menegmbangbiakkan olahraga Tarung Derajat. Kejuaraan ini tidak hanya diyakini akan mampu melahirkan petarung-petarung hebat tetapi juga nanatinya akan menjadi contoh pengembangan olahraga Tarung Derajat di masing-masing Pengacab. “Kejuaraan antar satlak ini juga akan mampu meningkatkan kecintaan masyarakat akan Olahraga Tarung Derajat. Sehingga nantinya, keluaraga besar Tarung Derajat Bali dapat ikut membangun Bali melalui Olahraga Tarung Derajat,” tambah Kompyang R Swardika.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa Pemayun, sangat menyambut baik pelaksanaan kejuaraan ini. Event ini merupakan salah satu media sebagai media mengasah atau mengukur kemampuan petarung selama mengikuti latihan di masin-masing satlak. Kejuaraan antar satlak ini juga dapat mempererat hubungan persaudaraan sekalius sebagai silahturahmi antar anggota Tarung Derajat se Kabupaten Gianyar.

Cokorda Gde Rai Widiarsa juga menghimbau kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Gianyar, agar memberikan ruang sosialisasi keberadaan olahraga Tarung Derajat. Mengingat, saat ini keberadaan olahraga Tarung Derajat telah masuk dalam salah satu agenda Porsenijar yang diselenggarakan setiap tahun baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi dan Nasional. one

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER