PKK Batubulan Terfavorit, Lomba Cipta Menu B2SA

  • 24 Juli 2014
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 5636 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com -Hasil kreasi cipta menu yang ditampilkan PKK Desa Batubulan berhasil menjadi terfavorit pada lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)Berbasis Sumber Daya Lokal, di Kantor BPMPD Propinsi Bali, Senin (23/7). Dengan mengandalkan bahan pangan lokal yang banyak terdapat di pasar, menu yang ditampilkan wakil Kabupaten Gianyar itu mampu menggoyang lidah dewan juri saat itu.

Dalam lomba tersebut, peserta diwajibkan menyajikan menu makanan dalam sehari dengan tiga kali makan, untuk keluarga dalam bentuk display. Hal ini dimaksudkan untuk melihat penerapan aspek keanekaragaman, keseimbangan pangan dalam menu  dengan tetap mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal.

Komang Desiwiriastini, wakil PKK Desa Batubulan menjelaskan, menu yang diltampilkan PKK Desa Batubulan, memakai pangan lokal seperti ketela ungu, jagung, kentang, ikan maupun sayur-sayuran lokal. Salah satunya seperti menu sop calon be pasih yang berbahan dasar ikan yang banyak  terdapat dipasar-pasar tradisional, dipadu dengan pencok jagung dan pudding ubi ungu menjadi hidangan makan siang keluarga yang sehat. “Dengan biaya sebesar Rp.65,000/keluarga/hari seperti yang disyaratkan dalam biaya menu B2SA, kami mencoba membuat menu yang beragam dan sehat dan tentu saja harus enak,” ujarnya.

Pada lomba tersebut juri mematok kriteria yang cukup ketat, karena tujuan dari lomba selain untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga juga untuk meningkatkan ketahanan pangan lokal. Yang menjadi titik berat penilaian saat itu adalah penilaian resep menu selama 3 hari, menu saat display, kreativitas pengembangan resep masakan memanfaatkan pangan lokal, cita rasa, tampilan dan aspek keamanan pangan, penyajian makanan dan terakhir aplikatif atau menu tersebut dapat diterapkan dalam menu sehari-hari.

Sementara itu Ketua PKK kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat dihubungi seusai lomba mengucapkan banyak terimakasi dan salut pada PKK Batubulan karena telah berhasil menjadi terfavorit pada Lomba Cipta menu B2SA tingkat Provinsi Bali. Ny. Surya Adnyani juga berharap agar menu-menu ini dapat dipraktekkan dalam hidangan keluarga sehari-hari, jangan hanya pada saat lomba saja. one


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER