PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Dokter Sutjidra Gelar Safari Kesehatan Pola Terpadu Libatkan Dokter Spesialis

Sabtu, 01 Juni 2024

15:57 WITA

Buleleng

1476 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Safari Kesehatan di wantilan, Jumat (31/5). sumber foto : sad/SD

Buleleng, suaradewata.com- Warga masyarakat di pedesaan sangat antusias bila didesanya dilaksanakan safari Kesehatan, karena mendapat pengobatan secara gratis dan juga penerangan tentang Kesehatan bagi kaum lansia dan para ibu hamil. Seperti bakti sosial safari Kesehatan yang dilakukan dr. Nyoman Sutjidra,Sp,OG di Dusun Tenaon, Desa Alasangker, Kecamatan/Kabupaten Buleleng warga yang merasa dirinya sakit antusias datang ke lokasi safari Kesehatan di wantilan dusun setempat pada Jumat, 31 Mai 2024.

Dikonfirmasi disela-sela kegiatannya, Nyoman Sutjidra mengatakan kegiatan bakti sosial dalam bentuk safari kesehatan memang telah dilakukan sejak lama, dimana hampir seluruh desa sudah pernah melakukan safari kesehatan. Disetiap kunjungan melakukan safari kesehatan selalu masyarakat didesa antusias. Karena dalam kegiatan safari kesehatan dengan pola terpadu, seluruh pelayanan dilakukan dengan melibatkan dokter umum, dokter spesialis. Dan dalam safari kesehatan ini, pelayanan yang dilakukan dengan menyasar pemeriksaan mata, diberikan kaca mata secara gratis, serta dilakukan operasi khususnya penderita katarak. "Kita juga memberikan USG bagi ibu hamil dan pemberian suplemen," ucapnya menegaskan.

Dengan menghadirkan dokter spesialis, membuat masyarakat secara antusias memeriksakan dirinya untuk mendapat pelayanan di kegiatan safari kesehatan ini. "Nah kedepannya nanti, mungkin ada sistem rujukan dari dokter spesial agar tidak hanya di rumah sakit saja, tapi bisa ke Puskesmas maupun ke Puskesmas Pembantu secara rutin akan ada kunjungan dokter spesialis. Sehingga masyarakat yang jauh-jauh tidak perlu lagi ke rumah sakit yang ada di kota." terang Nyoman Sutjidra.

Iapun menyebut dengan pelayanan safari kesehatan ini, malahan masyarakat menunggu adanya safari kesehatan ini. “Datangnya warga ke safari kesehatan, selain menderita sakit, juga ingin memeriksakan matanya dan mendapatkan kaca mata secara gratis. Di safari kesehatan di Desa Alasangker ini banyak sekali mendapat kacamata. Dan disetiap kunjungan diberikan sekitar 150 kacamata," ungkapnya.

Menurutnya dikedepannya nanti, perlu digalakkan karena memang lansia di Buleleng ini sangat banyak di desa. Dan para lansia yang perlu kacamata untuk kegiatan membaca, jarit menjarit, bikin canang dan sebagainya. Mengingat kalau tidak memakai kacamata, dikhawatirkan kegiatannya menjadi terhambat lantaran kurang awas penglihatannya. "Jadi kita memberikan pelayanan secara menyeluruh, terhadap warga yang terganggu penglihatannya. Baik dari segi pemeriksaannya, pemberian kacamata hingga operasi matanya," pungkas Nyoman Sutjidra.

Sementara itu Kepala Desa/Perbekel Desa Alasangker Wayan Sitama menyampaikan rasa terimakasihnya kepada dr. Nyoman Sutjidra,Sp.OG bersama para dokter umum dan spesialis serta tim medis lainnya yang telah datang kedesanya untuk melakukan bakti sosial berupa safari Kesehatan. “Warga kami sangat antusias dan malahan menunggu safari kesehatan untuk bisa berobat. Hanya saja, kadang-kadang terbentur oleh kesibukannya, maka belum bisa memeriksakan kesehatannya. Namun bagi warga yang ada kesempatan untuk datang, antusias memeriksakan kesehatannya.” jelas Sitama.

“Saya bersama masyarakat Desa Alasangker mengucapkan terimakasih atas bakti sosial safari Kesehatan yang dilakukan dr. Nyoman Sutjidra bersama ibu dokter Sutjidra dan anaknya, para dokter umum dan spesialis serta tim medis lainnya. Dimana dalam sahari kesehatan ini dapat membantu warganya,” tutup Sitama.sad/adn


Komentar

Berita Terbaru

\