PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Sosialisasi Pencegahan Konflik Sosial, Bupati Himbau Semua Pihak Mengendalikan Pikiran

Senin, 06 November 2017

00:00 WITA

Klungkung

3321 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Klungkung, suaradewata.com Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial (PKS) Kabupaten Klungkung kembali menggelar sosialisasi pencegahan konflik sosial. Setelah Kecamatan Nusa Penida, sosialisasi kini dilaksanakan di Kecamatan Dawan tepatnya di Balai Desa Pesinggahan, Minggu (5/11/2017). 

Sosialisasi Pencegahan Konflik Sosial dihadiri Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Hadir pula Ketua Pengadilan Negeri Semarapura Putu Gede Astawa perwakilan Polres dan Kodim 1610/Klungkung, OPD terkait, Perangkat Desa Pesinggahan, Pecalang, Karang Taruna serta tokoh masyarakat setempat. 

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan, konflik sosial bisa masuk dari segala pintu. Ada tiga unsur yang sangat berpengaruh terhadap munculnya konflik sosial dimasyarakat. Pertama dari unsur adat, kedua ekonomi dan ketiga politik politik yang terlalu dalam. "Ada beberapa hal yang mempengaruhi terjadinya konflik, seperti adat, ekonomi dan politik," ujar Bupati Suwirta. 

Menurut Bupati, konflik sosial tidak muncul begitu saja dan secara tiba-tiba, tetapi ada sebab yang mempengaruhi. Untuk itu, pengendalian diri sangat diperlukan sebagai kunci untuk mencegah terjadinya konflik sosial ini. "Agar tidak terjadi konflik kuncinya adalah pengendalian pikiran," sebutnya.  

Dihadapan warga, Bupati asal Ceningan, Nusa Penida ini juga memaparkan perkembangan pembangunan di Kabupaten Klungkung. Bupati mengajak masyarakat untuk dapat mengimplementasikan  program aksi Pemkab Klungkung yakni Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif atau Gema Santi.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Linmas Klungkung Wayan Sujana mengatakan program sosialisasi pencegahan konflik sosial oleh tim terpadu penanganan konflik sosia inil merupakan kegiatan yang difasilitasi Bidang konflik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Klungkung guna mencegah konflik sosial menjelang perhelatan Pilkada 2018. Program ini diharapkan mampu menyadarkan masyarakat untuk lebih mempererat rasa manyame braya serta bersatu mendukung pemerintah untuk kelancaran pembangunan.jul/aga


Komentar

Berita Terbaru

\