Peduli Nasib Petani, ABG Serahkan 1 Unit Traktor

  • 04 Maret 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4508 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - Menurunnya minat generasi muda bekerja di sektor pertanian padi sawah di Tabanan telah menjadi kekhawatiran banyak pihak. Kondisi tersebut sudah saatnya menjadi agenda penting dalam berbagai kebijakan pembangunan di Tabanan karena keberadaan sawah memiliki fungsi yang sangat strategis.


Hal itu terungkap saat Arya Budi Giri (ABG Center) menyerahkan satu unit traktor kepada Putu Partayasa pada Jumat, (27/2). Diketahui Putu Partayasa adalah salah satu petani yang sejak musim tanam tahun lalu telah memelopori pengembangan budidaya pertanian padi sehat atau padi organik di wilayah subak Gunung Penebel Tabanan.

“Saya sudah lama mendengar aktivitas Putu Partayasa yang tiga tahun terakhir getol mengajak petani untuk kembali ke sistem pertanian ramah lingkungan. Kita harus dukung generasi muda yang mau kembali bekerja sebagai petani, ”terang Arya Budi Giri yang disebut-sebut akan tampil sebagai salah satu kandidat Bupati Tabanan pada pilbub mendatang.

ABG Center yang sudah lama konsen di bidang pemberdayaan masyarakat dan pertanian akan terus mengambil peran untuk mendukung inisiatif petani yang mau berinovasi dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di perdesaan.

Ide pengembangan budidaya padi ramah lingkungan yang dilakukan oleh Putu Partayasa diyakini oleh ABG memiliki dampak yang sangat luas serta relevan dengan isu kesehatan masyarakat. Terlebih tabanan sejak lama dikenal sebagai lumbung pangannya Bali.

“Luas lahan pertanian yang sempit akan menyulitkan petani untuk meningkatkan kesejahteraan, hal ini harus menjadi perhatian dan tanggungjawab semua pihak untuk menekan angka kemiskinan di perdesaan,” tegas ABG.

Menurut ABG, alih fungsi lahan sawah di tabanan cukup tinggi dan minat masyarakat bekerja disektor pertanian terus menurun. adv/ina

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER