Arus Balik Galungan Lengang

  • 12 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3799 Pengunjung

Klungkung, suaradewata.com - Arus balik Hari Raya Galungan dari Nusa Penida di Pelabuhan tradisional Kusamba lengang. Warga yang sebelumnya memilih menikmati libur panjang di kampung halaman, belum menunjuukkan aktfitas balik dari kampong halaman. Terlihat disejumlah tempat penitipan motor masih ramai dipadati kendaraan pemudik di pelabuhan tradisional Tri Buana Kusamba.

Para petugas di penitipan motor harus bekerja ekstra untuk mengawasi kendaraan yang dititipkan pemudik. Mulai dari helm serta mengecek surat kendaraan bila pemudik datang untk mengambil motornya. Hal ini mereka lakukan untuk mengantisipasi tindak pencurian pada kendaraan para pemudik. Masing masing motor titipan dikenakan biaya lima ribu rupiah untuk satu hari sedangkan hari berikutnya tarifnya bertambah enjadi 10 ribu rupiah.

Menurut Made Sedana Yoga petugas pelabuhan, diperkirakan faktor cuaca menjadi penyebab para pemudik enggan untuk balik tepat waktu. Terlebih lagi hujan yang terus mengguyur belakangan ini membuat mereka betah berlama-lama dikampung halaman.

Sedana Yoga memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada hari minggu (14/02) dua hari lagi. Untuk itu pihaknya akan menambah ektra trip untuk mengangkut membludaknya arus balik pada hari minggu, sedikitnya 8 trip tambahan dijadwalkan pada puncak arus balik tersbut.

Tradisi mudik hari raya Galungan memang menjadi rutinitas warga pulau Nusa Penida. Terlebih lagi musim hujan ini mereka biasanya menambah waktu di kampung untuk memabntu keluarga untuk bercocok tanam.jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER