Tahun Baru Imlek, Barongsai Sepanjang 1 Km Kelilingi Kuta

  • 08 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 3588 Pengunjung

Badung, suaradewata.com - Menjelang perayaan Tahun Baru  Imlek 2016 yang jatuh pada hari Senin (08/02) ribuan warga tampak memadati sepanjang jalan Raya Kuta untuk menyaksikan ritual arak-arakan barongsai dan liong di Kuta, Badung, pada Minggu (07/02) sekira pukul 17.00 sore.

Arak-arakan barongsai dan liong ini diselenggarakan oleh Vihara Dharmayana/ Leeng Gwan Bio. Dalam ritual tersebut, vihara terbesar di Bali ini mengarak barongsai dan liong sepanjang satu kilometer.

Acara yang diawali dengan doa di Vihara Dharmayana ini, dilanjutkan dengan perjalanan kaki menuju arah pantai Kuta, disana barongsai dan liong beratraksi diiringi dengan doa-doa.

Beberapa kali berhenti diperempatan, barongsai dan liong pun kembali berdoa. Mereka berdoa sesuai dengan arah mata angin. Selama perjalanan barongsai dan liong ini mengambil angpao-angpao yang berada dijalan-jalan. Selain itu ada warga keturunan Tionghoa yang secara khusus mengundang para barongsai untuk mampir kerumahnya untuk diberi angpao.

Adhi Darmaja Kusuma selaku pengurus Vihara Dharmayana mengatakan, ritual ini merupakan tradisi yang dimiliki oleh warga Tionghoa, dimana dalam ritual ini para barongsai dan liong mengitari jalanan kurang lebih sekitar satu kilometer.

"Adanya perayaan seperti ini sejak ada jamannya presiden Gus Dur. Kami ingin menunjukkan tradisi budaya kita kepada masyarakat," katanya singkat.ids


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER