Pemkab Gianyar Mengadakan Pasar Murah Jelang Galungan

  • 06 Februari 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2697 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Seperti  biasa jelang  Hari Raya Galungan, Pemkab Gianyar mengadakan pasar murah sebagai antisipasi kenaikan harga. Selain  menyasar pasar-pasar seluruh kecamatan, pasar murah juga dilaksanakan di halaman Bupati Gianyar. Jumat (5/2)

Hasil pantauan, pasar murah di halaman Kantor Bupati Gianyar yang dibuka mulai pukul 06.00 wita diserbu  pegawai yang didominasi kaum ibu-ibu. Mereka membeli segala keperluan yang berhubungan dengan Hari Raya Galungan. Bahkan mereka rata-rata tidak menawar lagi, sebab harga yang diberikan rata-rata dibawah harga pasar umum. Maklum, para pedagang di pasar murah sekaligus sebagai petani yang selama ini menanam, memanen hingga memasarkan/menjual. Jadi mereka tanpa pengepul sehingga pembeli dapat membeli langsung.

Adapun komoditi yang disediakan, beras  kualitas medium Rp. 10.000 per kg, gula pasir impor 12.000 per kg, bawang  merah  Rp. 23.000 per kg (malang),  bawang putih Rp. 25.000 per kg. Selain itu disediakan perlengkapan Galungan lainnya diantaranya janur, buah-buahan dan lainnya. Hingga pukul 09.00 wita, pasar murah yang mengambil tempat  parkir timur kantor Bupati Gianyar dengan 11 stand, hampir habis dibeli para pegawai.

Anak Agung Tatik, salah seorang PNS yang terlihat membeli berbagai perlengkapan Galungan mengaku senang dengan adanya pasar murah di Halaman Kantor bupati Gianyar. Selain tidak perlu lagi ke pasar umum berdesak-desakan, harga juga lebih murah.

Pasar murah juga dipantau langsung Asisten 2 Pemkab Gianyar I Ketut Sueta, bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang menyambangi satu per satu pasar murah. Selain di Kantor Bupati Gianyar, pada hari yang sama juga dilaksanakan pasar murah di pasar Blahbatuh, Sukawati dan Gianyar. Pasar murah dilaksanakan selama dua hari dan Sabtu (red - hari ini) dilaksanakan di Ubud, Tegalalang, Payangan dan Tampaksiring. “Pasar murah bertujuan mengantisipasi kenaikan harga jelang Galungan. Selain itu membantu petani menjual secaa langsung hasil pertanian mereka,” terang Asisten 2, Ketut Suweta didampingi Kadis Pertanian IGA Dewi Hariani, saat dijumpai di pasar murah Kantor Bupati Gianyar.

Khusus pasar murah di halaman Kantor Bupati Gianyar, imbuh Suweta, memberikan kesempatan kepada pegawai untuk membeli keperluan hari raya Galungan, tanpa harus keluar atau ke  pasar meninggalkan pekerjaan pada jam kantor.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER