Mahkota Raja Klungkung Dibongkar

  • 18 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 4169 Pengunjung

Klungkung, suaradewata.com - Duplikat mahkota Raja Klungkung yang tersimpan didalam brankas Museum Semarajaya akhirnya dibuka Senin (18/1).  Pembukaan brankas dipinpin langsung oleh Bupati bersama Wabup Made Kasta, Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata I Wayan Sujana di Museum Semarajaya.

Menariknya saat pembukaan brankas seluruh undangan yang hadir nampak kebingungan mengingat kode rahasia brankas tidak terlupakan sehingga berbagai upaya kode digunakan namun tidak membuahkan hasil. Dimulai dari  Bupati Suwirta , Wabup Made Kasta dan Ida Dalem Semaraputra secara bergiliran mencoba membuka brankas tersebut dengan memasukan berbagai kode angka kombinasi, namun selalu gagal. Karena lama tidak membuahkan hasil, kotak brankas itu akhirnya dibuka paksa dengan bor oleh para ahli kunci. Begitu brankas berhasil dibuka, seluruh orang yang hadir menyaksikan proses itu langsung bersorak ketika melihat mahkota raja Klungkung.

Mahkota ini tersimpan sejak tahun 1994, kondisi mahkota masih sangat bagus. Menurut Kadisbudpar I Wayan Sujana mahkota yang tersebut merupakan replika yang dibuat pada tahun 1994 dijaman Bupati Tjokorda Gede Agung  di Desa Kamasan Klungkung. Mahkota yang terbuat dari emas ini juga dihiasi beberapa biji batu merah delima. Sedangkan mahkota raja Klungkung yang asli saat ini tersimpan di Museum Nasional Jakarta.

Untuk menjaminn keamanan mengingat nilai sejarah yang terkandung dalam mahkota tersebut, Bupati menitipkan sementara Mahkota bersejarah ini untuk disimpan di Polres Klungkung.jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER