Pasar Rampung, Los Diundi

  • 06 Januari 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 2172 Pengunjung

Klungkungsuaradewata.com - Para Pedagang pasar Kusamba kini mulai tersenyum sumringah. Tempat berdagang darurat di areal jalan Kusamba sudah tidak terlihat lagi seiring rampungnya pembangunan pasar. Pengundian Los oleh sejumlah pedagang mendapat pantauan langsung dari Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Sebanyak 137 pedagang di Pasar Kusamba, Kecamatan Dawan rencananya akan menempati los baru. Rampungnya pembangunan pasar tahap I yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2015 sebesar Rp. 1,7 milyar.

Pembagian los dilakukan dengan cara mengundi masing-masing pedagang. Pengundian dilakukan Rabu (6/1) kemarin. Hadir memantau pengundian Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, Gede Kusuma Jaya, Kepala UPT Pasar Klungkung, Komang Widyasa Putra dan Perbekel Desa Kusamba, Ketut Winastra.

Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, menghimbau para pedagang untuk menjaga kebersihan maupun fasilitas pasar. Pedagang diminta untuk tidak membuang sampah atau limbah sembarangan. “Bagaimana agar pasar ini bisa menjadi percontohan pasar yang bersih,” ujar Suwirta. Dalam pembagian los atau tempat jualan, Suwirta meminta agar tidak ada jual beli los atau tempat. “Satu pedagang satu tempat,” terangnya.

Selain itu dalam penataan barang dagangan, Suwirta menghimbau pedagang untuk tidak menaruh dagangan diluar los dan memajang barang dagangan terlalu tinggi. “Agar tidak merusak pandangan jangan menaruh dagangan terlalu tinggi,” pintanya.

Sementara untuk penataan pasar tahan II disebelah timur bangunan yang ada sekarang, Bupati Suwirta menegaskan akan dilanjutkan dari APBD Klungkung Tahun 2016 sebesar Rp. 2,2 milyar. “Awal tahun ini kita lanjutkan. Kita tidak mau kejar-kejaran sehingga kualitas terjaga,” ucapnya.

Kepala UPT Pasar Klungkung, Komang Widyasa Putra menyampaikan, jumlah pedagang yang dipindahkan sekarang sebanyak 137 pedagang. Dengan rincian 99 pedagang tetap dan 38 pedagang lancuban tetap. Pasar Desa Kusamba, kata Widyasa Putra saat ini menampung pedagang sebanyak 252 pedagang. Terdiri dari 150 pedagang tetap dan 102 pedagang lancuban tetap.jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER