Lomba Upacara Bendera HUT RI ke-70

  • 10 Agustus 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2152 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Memperingati HUT Kemerdekaan ke - 70 Republik Indonesia, Pemkab Gianyar kembali melaksanakan Lomba Upacara Bendera yang diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Unit Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemkab Gianyar. Kegiatan perlombaan dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Cokorda Rai Widiarsa di Gedung Olah Raga (GOR) Kebo Iwa, Jumat, (10/8).

Ketua Panitia Perlombaan, I Gede Astawa mengatakan, Lomba Upacara Bendera kali ini diikuti oleh 30 tim dimana untuk masing – masing berjumlah 22 orang. Sementara untuk pejabat upacara mengacu pada pelaksanaan upacara setiap bulan sekali di halaman kantor Bupati Gianyar, yakni Pejabat Irup dijabat oleh eselon IV, Danup dijabat oleh eselon III, pembaca UUD45 dan Panca Prasetya Korpri oleh eselon IV, sementara pejabat upacara lainnya djabat oleh anggota.

Gede Astawa menambahkan, kegiatan Lomba Upacara Bendera ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan royalitas serta menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Selain itu juga guna menumbuhkan jiwa patriotisme dan kerjasama pada pegawai di Lingkungan Pemkab Gianyar. Dalam perlombaan ini, untuk per group akan dicari terbaik I, II dan III. Sementara untuk sebagian perorangan/kelompok antara lain, PAUP, DANUP, Pembaca UUD 45 dan Prasetya Korpri serta pengibar bendera. Selain dinilai secara bergroup, para pejabat upacara juga dinilai secara individu.Sikap dan gerakan menjadi point penting dalam penilaian. Selain itu kekompakan, kerapian pasukan, tata cara laporan, ketegasan dan kejelasan laporan, kualitas suara merupakan salah satu point penilaian.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Cokorda Rai Widiarsa mengatakan, kegiatan Lomba Upacara Bendera ini merupakan salah satu program KORPRI dalam rangka meningkatkan disiplin dan kinerja PNS dalam melaksanakan lintas program yaitu pelayanan public.  Kegiatan akan terus digalakkan dan dikembangkan sehingga seluruh PNS di Lingkungan Pemkab Gianyar mampu menunjukkan profesionalismenya sebagai pelayan public. Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang di raih Pemkab Gianyar, menunjukkan bahwa disiplin dan kinerja pegawai di Lingkungan Pemkab Gianyar sudah mulai meningkat serta menunjukkan hasilnya. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam membangun karakter pegawai dalam bentuk disiplin,” terang Cok Rai Widiarsa.

Sekda Kab. Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra juga menyempatkan diri untuk memantau langsung proses jalannya lomba. Pada kesempatan itu, Gus Gaga mengatakan, sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Lomba Upacara Bendera ini. Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin tahunan dalam rangka memperingati HUT Proklamasi. Selain untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme, juga untuk meningkatkan disiplin dan kekompakan pegawai di seluruh SKPD. Melalui kegiatan ini juga, seluruh SKPD dilatih untuk menjadi pejabat upacara sehingga nantinya seluruh SKPD mempunyai kesiapan yang sama ketika ditunjuk sebagai pejabat upacara, baik saat pelaksanaan apel awal bulan maupun lainnya. Sebagai salah satu apresiasi, peserta yang tampil menjadi sebagai terbaik pada kegiatan ini akan menjadi pejabat upacara saat pelaksanaan apel HUT Provinsi. “Karena sudah dilatih dan dilombakan, SKPD manapun yang nanti ditunjuk sebagai pejabat upacara sudah tentu harus siap. Kegiatan seperti ini juga baik untuk menumbuhkan dan menanamkan kedisiplinan,” terang Gus Gaga.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER