Koin Peduli Anak Tembus Rp. 150 Juta Lebih

  • 30 Juli 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3459 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com -Pengumpulan Koin Peduli Anak yang dilaksanakan sejak 1 Juli lalu serangkaian pencanangan Bulan Peduli Anak memasuki tahap penghitungan. Proses penghitungan dilakukan oleh Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Gianyar di wantilan Kantor Bupati Gianyar, Kamis, (30/7) disaksikan oleh unsur Inspektorat, Satpol PP, Bagian Keuangan Kab Gianyar serta instasi terkait. Untuk keabsahan proses penghitungan, juga dilaksanakan penandatanganan berita acara  oleh Inspektorat, Bagian Keuangan serta diketahui oleh instansi yang bersangkutan.

Ketua FAD Kabupaten Gainyar, Made Ricky Catur Purnama mengatakan, Koin Peduli Anak ini salah satu program yang dilaksanakan oleh FAD dalam rangka mendukung pencanangan Bulan Peduli Anak. Kegiatan inipun mendapat respon yang positif dari semua kalangan, baik dari Pemkab Gianyar maupun organisasi lainnya, seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Sejebag (Semeteon Jegeg Bagus) Gianyar. Kegiatan ini juga terlaksana bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kabupaten Gianyar. Bupati Gianyar, A A Gde Agung Bharata juga menyempatkan diri untuk melihat proses penghitungan dan memberikan sumbangan secara pribadi sebesar Rp. 5 Juta. “Dana yang terkumpul ini dari seluruh SKPD yang ada, serta hasil pengumpulan dari rekan - rekan KNPI serta Sejebag Gianyar,” terang Made Ricky Purnama.

Made Ricky Catur Purnama menambahkan, dari keseluruhan yang dikumpulkan yakni 108 tempat pengumpulan, dengan rincian berupa amplop sebanyak 12 buah, kotak 63 buah, kaleng 23 buah dan plastic sebanyak 10 buah. Sementara nominal yang terkumpul hingga pukul 18.00 Wita sekitar 80 % sebanyak Rp. 112.918.700,-. Saat ini proses penghitungan masih dilakukan dan diperkiraan dana yang terkumpul mencapai Rp. 150 juta lebih. Keseluruhan dana yang nantinya terkumpul ini akan disimpan di Bank, sambil menunggu validasi data anak – anak yang berhak mendapatkan bantuan untuk segera direalisasikan. “Dana ini nanti akan difokuskan kepada anak disabilitas dan kurang mampu baik untuk pendidikan maupun kesehatan, hanya saja masih menunggu validasi data untuk penerimanya,” tambah Catur.

Kegiatan pengumpulan Koin Peduli Anak juga mendapat respon positif dari pegawai di Lingkungan Pemkab Gianyar. Salah satunya, Putu Dian Yudanegara yang sengaja datang mengantarkan anaknya, Putu Dela Devita, (4.5) menyumbangkan celengannya. Langkah ini dilakukannya untuk menumbuhkan dan memberi pemahaman kepada anaknya tentang pentingnya rasa kepedulian kepada sesama.  Dengan menunjukkan beberapa foto – foto anak yang kurang mampu, Putu Dian berusaha menggugah rasa kepedulian anaknya dengan menyisihkan sebagian uangnya untuk disumbangkan. Pengumpulan koin sendiri dilakukan oleh anaknya sekitar sebulan lalu, sejak Koin Peduli Anak mulai dilaksanakan.

“Dengan memberi pemahaman kepada dia, saya ingin menggugah kepeduliannya terhadap sesama dan dia melakukannya. Semoga ini bisa menggugah masyarakat luas untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak,” terang Putu Dian Yuda Negara. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER