Gianyar Tuan Rumah HUT ke-68 Koperasi

  • 29 Juli 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2368 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke- 68 se-Provinsi Bali dipusatkan di Balai Budaya Gianyar, hadir dalam acara tersebut, Gubernur Bali, yang diwakili Ass II, Drs. I Ketut Wija, MM, Wakil DPRD Provinsi Bali yang juga Dewan Pakar Koperasi Bali, I Nyoman Sugawa Korry, Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata serta jajaran pejabat di lingkungan Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar. Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Provinsi Bali, Dr. I Dewa Nyoman Badera, di Balai Budaya, Gianyar, Rabu,(29/7).

Dewa Nyoman Badera yang juga selaku Ketua Panitia HUT ke-68 mengatakan acara puncak HUT Koperasi ke-68 merupakan momentum meningkatkan kesejahtraan masyarakat Bali. Kegiatan HUT ke-68 Koperasi juga dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti, bakti sosial di beberapa tempat suci, dharma wacana, jalan santai, serta pembagian sembako di wilayah Kabupaten Gianyar. “Gianyar merupakan kabupaten penggerak koperasi, karena seluruh warga Gianyar menjadi anggota koperasi di setiap banjar, sehingga puncak ini layak dilaksanakan disini,” terangnya.   

Puncak HUT ke-68 Koperasi juga dirangkai dengan memberikan bantuan renovasi rumah bagi 3 orang warga miskin yakni, I Ketut Kanan dan istrinya Ni Nyoman Lediani serta merenovasi rumah, I Wayan Sukaja. Kedua keluarga tersebut berasal dari Kelurahan Beng, Gianyar. Sedangkan AA Oka Dipayana juga mendapatkan bantuan renovasi rumah asal Banjarangkan, Klungkung. Kegiatan juga dirangkai dengan menyerahkan hadiah kepada pemenang berbagai lomba, seperti, penyerahan hadiah kepada 2 orang penerima Satya Lencana Pembangunan dan Wira Karya, Penyerahan 3 buah hadiah ke 3 orang penerima Bhakti Koperasi dan UMKM , serta penyerahan 3 buah sertifikat kesehatan ke KSP/USP terbaik Bali dari Gubernur Bali. “Puncak kegiatan juga deserahkan penghargaan ke koperasi yang berprestasi di tingkat nasional di berbagai kategori,” terangnya.

Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata sangat mengapresiasi kegiatan HUT Koperasi yang sudah dipercayakan dilaksanakan di Gianyar. Diakui di Gianyar terdapat 1.174 koperasi yang terdiri dari koperasi banjar, koperasi wanita, koperasi seniman dan sebagainya. Jumlah Koperasi di Gianyar merupakan yang terbanyak di Propinsi Bali. “Setiap tahun jumlah koperasi di Gianyar akan terus meningkat, sehingga diharapkan bisa menjadi soko guru perekonomian Gianyar dan juga bangsa,” imbuhnya.       

Koperasi yang tidak berkembang akan dibina kembali agar bisa berfungsi kembali. Dinas Koperasi Kabupaten Gianyar telah intens melakukan berbagai upaya dan pembinaan agar koperasi yang kurang optimal bisa dioptimalkan. Bupati, Agung Bharata juga berharap agar warga memamfaatkan fungsi koperasi secara maksimal, sehingga prinsip dari, oleh untuk kita bisa terlaksana dengan baik. “ Koperasi seharusnya memberdayakan dirinya agar mandiri, tidak tergantung dorongan siapapun, ketersediaan SDM merupakan kunci keerhasilan koperasi,” imbuh AA Bharata.

Senada yang diungkapkan Gubaernur Bali, Made Mangku Pastika yang dalam sambutannya dibacakan Asisten II Provinsi Bali, I Ketut Wija mengatakan kalau koperasi memiliki peranan dan kontributor penting dalam pembangunan nasional. Kedepan koperasi diharap berjalan sesuai dengan yang direncanakan bapak Koperasi Indonesia, H. Moh. Hatta. Koperasi dan UMKM memiliki tempat yang strategis di wilayah masyarakat Bali, sehingga fungsinya diharapkan mampu mensejahtrakan warga Bali.

Ekonomi kerakyatan di Bali berkembang pesat, sehingga tumbuh menjadi jati diri masyarakat Bali. Koperasi juga mengakomodir segala kearifan lokal Bali, sehingga bisa menjadi faktor perkembangan ekonomi di Bali.  Ketut Wija juga berharap koperasi menyediakan lapangan pekerjaan dan menciptakan SDM yang lebih baik. “Koperasi memiliki konsep kebersamaan, sehingga lebih mudah dalam berbagai hal,” terangnya. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER