Ikawangi Dewata Waspadai Paham Radikal dan Intoleran Masuk di Gianyar

  • 08 Maret 2024
  • 21:25 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1459 Pengunjung
Ikawangi Dewata Cabang Gianyar. ist/sd

Gianyar, suaradewata.com - Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata Cabang Gianyar menolak paham-paham radikal masuk ke wilayah Kabupaten Gianyar. Begitu juga perbuatan intoleransi yang bisa menyebabkan perselisihan antar umat beragama patut diwaspadai.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Ikawangi Dewata Cabang Gianyar, R. Hadi Suyatna, Jumat (8/4/2024). Katanya, paham radikalisme dan intoleransi bisa membuat perpecahan hubungan antar umat beragama yang sudah terjalin dengan baik selama ini. Apalagi menjelang hari raya umat Hindu dan Islam yang datang bersamaan. "Ikawangi Dewata Cabang Gianyar sangat menolak masuknya paham radikal dan intoleransi, karena tidak mencerminkan Pancasila," ujar R Hadi Suyatna bersama beberapa anggota Ikawangi Dewata Cabang Gianyar.

Hubungan baik antar umat beragama dan pembauran tanpa melihat perbedaan yang terjadi di Kabupaten Gianyar selama ini sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Radikalisme dan intoleransi merupakan akar perpecahan suatu bangsa, jelasnya.

Ditambahkannya, Ikawangi Dewata Cabang Gianyar selalu mengikuti imbauan pemerintah dan lembaga MUI dalam pelaksanaan ibadah agama. Begitu juga halnya dalam mencegah penyusupan paham radikal yang mengancam setiap saat. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER