Seluruh Masyarakat Apresiasi Tinggi Peran Aparat Keamanan Kondusifkan Pemilu 2024

  • 22 Februari 2024
  • 17:10 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1113 Pengunjung

Seluruh masyarakat di Indonesia memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas bagaimana peranan yang dimiliki oleh aparat keamanan untuk menyukseskan dan memastikan situasi terus berjalan dengan kondusif selama proses rangkaian pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Atas bagaimana partisipasi dari pihak aparat keamanan, mereka mendapatkan ucapan terima kasih dari seluruh masyarakat. Hal tersebut terjadi di Bengkulu, yang mana masyarakat yang diwakilkan oleh Kepala Desa dari Desa Bukit Makmur, Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten Bengkulu Utara mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasinya kepada pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Menurut Raja Bohani selaku Kepala Desa, selama ini aparat keamanan telah sangat menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi di Tanah Air ini, sehingga bisa berjalan dengan penuh kedamaian, lancar, aman dan seluruhnya dapat terkendali dengan optimal.

Bukan hanya itu saja, namun aparat keamanan selama berjalannya Pemilu pun telah sangat banyak membantu masyarakat, utamanya selama masa pencoblosan, yang mana bantuan tersebut sangat mampu dirasakan oleh warga secara langsung sehingga mereka mampu merasa aman akan hadirnya aparat keamanan di tengah warga.

Bagaimana dedikasi penuh dari aparat keamanan untuk terus menjaga situasi selama proses berjalannya pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 serta kontribusi mereka telah memberikan dampak yang sangat positif bagi terciptanya pesta demokrasi yang sejuk dan penuh integritas di Indonesia.

Terlaksananya kontestasi politik setiap lima tahunan di Tanah Air itu bisa berjalan dengan sangat lancar dan kondusif, seluruhnya memang berkat kinerja dari aparat keamanan pasukan gabungan TNI dan Polri. Berkat kekompakan semua pihak, termasuk juga dibant dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), maka mulai dari tahapan awal berjalannya Pemilu hingga penertiban alat peraga kampanye (APK) sampai pada proses pendistribusian seluruh logistik dan saat pencoblosan serta penghitungan suara pun, semuanya bisa berjalan baik.

Semuanya mampu terlaksana dengan tertib, lancar dan kondusif. Maka dari itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Probolinggo, Nurkholis mengucapkan bahwa dirinya sangat bersyukur karena semua tahapan Pemilu bisa dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak pelaksana Pemilihan Umum, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sejauh ini, seluruh tahapan Pemilu sendiri memang sudah berjalan sesuai dengan harapan segenap elemen bangsa, yang mana semuanya sama sekali tidak bisa dipungkiri akibat dari bagaimana peran serta hingga kinerja aparat keamanan gabungan TNI dan Polri yang secara tidak kenal lelah terus terjun langsung ke lapangan.

Seperti apa peranan dari seluruh elemen aparat keamanan memang sangat maksimal, termasuk hingga pada semua instansi lain terkait dalam pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Mulai dari bagaimana proses pemungutan suara dilakukan, penghitungan suara bahkan hingga pada proses pergeseran kotak suara dan rencana rekapitulasi di masing-masing wilayah.

Tentunya semua hal itu sangat membutuhkan tenaga yang ekstra termasuk adanya ketelitian, kecermatan serta profesionalitas dari semua pihak pun jelas sangat diuji dalam proses itu. Tidak mudah memang, namun semua pihak harus tetap siap dengan adanya kemungkinan segala risiko yang dihadapi.

Maka dari itu, seluruh pihak yang selama ini telah terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum 2024, utamanya aparat keamanan Republik Indonesia juga sama saja selama ini telah mencetak ladang amal serta ibadah mereka lantaran ikut berperan sangat maksimal dalam mencetak pemimpin bangsa yang amanah ke depannya untuk nasib rakyat Indonesia.

Kesuksesan Pemilu juga tidak akan berhasil jika tidak diimbangi dengan adanya peraan aktif dari seluruh masyarakat pula dalam ikut mendukung kesuksesannya. Sehingga diimbau pula kepada seluruh masyarakat agar bisa tetap menjaga situasi serta kondisi agar tetap terjaga hingga penetapan suara nantinya.

Sinergitas antar seluruh pihak, termasuk antara TNI dan Polri hingga semua msyarakat di Indonesia harus terus terjalin secara kompak dan baik agar semuanya mampu bersatu demi membangun bangsa ini secara bersama-sama.

Sangat penting situasi kondusif agar bisa tetap terus dijaga oleh seluruh pihak tanpa terkecuali, bahkan termasuk setelah pelaksanaan Pemilu 2024 sendiri karena dengan wilayah yang kondusif, maka juga akan berkorelasi untuk mencegah terjadinya perpecahan antar warga di Indonesia.

Untuk itu, seluruh elemen masyarakat juga harusnya mampu saling menghargai apapun dan bagaimanapun hasil akhir dari Pemilihan Umum 2024. Ketika seluruh masyarakat mampu ikhlas menerima dengan lapang dada hasil akhir kontestasi politik itu, maka tinggal ke depannya bagaimana kembali membangun bangsa ini secara bersama tanpa terjadinya saling mengkotakkan.

Kondusivitas dalam seluruh pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 memang menjadi begitu penting, bahkan bukan hanya selama Pemilu itu berlangsung, namun yang penting pula bagaimana caranya tetap menjaga situasi kondusif hingga pasca dilakukannya pesta demokrasi tersebut. Sejauh ini, aparat keamanan Republik Indonesia memang telah menunjukkan kinerja maksimalnya dengan tanpa kenal lelah mengawal Pemilu, sehingga hal tersebut patut mendapatkan apresiasi sangat tinggi.

 

*) Kontributor Ruang Media


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER