Bupati Tabanan Apresiasi Sekaligus Buka Kejuaraan Pencak Silat Bupati Tabanan Cup 2023

  • 07 Desember 2023
  • 11:05 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2356 Pengunjung
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M, membuka secara resmi, kejuaraan Pencak Silat “Bupati Tabanan Cup” Tahun 2023 yang berlangsung di GOR Debes Selatan, Kamis (7/12). 

Tabanan, suaradewata.com– Wujud dukungan Pemerintah dalam membina, memajukan dan berkolaborasi untuk melestarikan cabang olahraga Pencak Silat yang kaya akan peminat di Kabupaten Tabanan, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M, membuka secara resmi, kejuaraan Pencak Silat “Bupati Tabanan Cup” Tahun 2023 yang berlangsung di GOR Debes Selatan, Kamis (7/12). 

Untuk diketahui, cabang olahraga Pencak Silat merupakan olahraga jenis bela diri peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia yang wajib untuk terus dilestarikan dan dikembangkan sebagai bagian dari kearifan lokal yang patut untuk dikawal perkembangannya. Terutama sebagai salah satu cabang olahraga terbaik, penyumbang emas di Kabupaten Tabanan. 

Dalam Pembukaan Kejuaraan tersebut, turut hadir salah satu anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Ketua UMUM IPSI Provinsi Bali, Sekda Tabanan, Unsur Forkopimda, Kepala OPD dan Kepala Bagian terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Tabanan, wasit, pelatih, official serta seluruh peserta kejuaraan. Di mana kejuaraan pencak silat, merupakan program kerja yang bertujuan untuk memberikan wadah kepada pengembangan para atlet pencak silat di dunia pelajar Tabanan. 

Hal ini dilakukan agar dapat berkompetisi mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki, untuk mengukir prestasi, sehingga potensinya bisa terus dibina guna ke jenjang yang lebih tinggi. Adapun dalam kejuaraan ini, mempertandingkan 55 kelas pertandingan dari tingkat SD, tingkat SMP dan SMA, demi memperebutkan piala bergilir dan piala tetap, juara umum, pesilat terbaik serta peraihan medali untuk masing-masing peserta. Secara keseluruhan peserta berjumlah 324 atlet, yang berasal dari 36 Sekolah Dasar, 30 SMP dan 18 SMA. 

Di kesempatan itu, orang nomor satu di Tabanan, Sanjaya, ungkapkan rasa bangga dan bahagianya, atas animo yang ditunjukkan oleh para peserta yang bertanding, yang hadir dari berbagai tingkat baik SD, SMP hingga SMA ini. Pihaknya juga memberikan penghargaan terhadap pesilat istimewa Kadek Wahyu Rihartana Giri asal Desa Belayu, yang konsisten berlaga di panggung pencak silat dan mengharumkan nama Kabupaten Tabanan dalam berbagai perlombaan. 

“Sejak dulu, sudah banyak sekali atlet pencak silat yang mengharumkan nama Kabupaten Tabanan, jadi tidak salah ketua panitia menyelenggarakan event ini. Kejuaraan Bupati Cup ini tujuannya adalah untuk selalu konsisten mencari bibit-bibit unggul, khususnya pemula yang sudah barang tentu akan bisa mengharumkan nama Kabupaten Tabanan. Tetap dijaga kekompakan pencak silat seluruh perguruan yang ada di Tabanan ini,” pesan Sanjaya. 

Pihaknya juga nyatakan untuk terus memberikan apresiasi dan dukungan terhadap semua cabang olahraga yang ada di Kabupaten Tabanan, tidak serta merta hanya kepada Pencak Silat. “Karena kita di Kabupaten Tabanan sudah membulatkan tekad untuk selalu memberikan dukungan, sebagai wujud bangga menjadi orang Tabanan. Jele Melah Nyama Gelah, Jele Melah Gumi Gelah, kalau kita tidak bangga sebagai orang Tabanan, siapa lagi yang akan membanggakan wilayah yang kita cintai ini” ujarnya penuh semangat. 

Tak hanya itu, rasa bangga juga tak luput ia sampaikan, sebab dengan keterlibatan para siswa di tingkat SD, SMP dan SMA ini menandakan mental anak-anak kita yang sudah teruji dengan baik, dan patut diapresiasi. “Di dalam menunjang keolahragaan kita, khususnya cabang pencak silat ini, saya sebagai Bupati, sudah ikut membantu berkontribusi dalam pembinaan senilai 100 juta rupiah. Ini artinya pemerintah kita bersungguh hati. Bagaimana kita memajukan dunia olahraga, apalagi pencak silat ini, sudah mengharumkan nama Tabanan dan sudah mencetak prestasi yang sangat luar biasa, di tingkat Kabupaten, Provinsi, bahkan nasional dan internasional," ujarnya penuh semangat.

Sanjaya juga berpesan, kepada Ketua Pencak Silat untuk konsisten menjaga anak-anak dan senantiasa dibina, karena pencak silat sudah bagian dari pelestarian budaya juga, suatu kearifan lokal yang perlu dijaga eksistensinya, bagian dari warisan budaya secara nasional. Saat itu, I Made Dwi Agung Sastrawan selaku Sekretaris IPSI, sampaikan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran para undangan terutama Bupati Tabanan. “Terima kasih serta penghargaan yang tulus kami sampaikan, mudah-mudahan kebersamaan ini bisa diwujudkan secara lebih nyata dalam jenjang kehidupan yang lebih luas," ucapnya. Kejuaraan Pencak silat yang berlangsung mulai hari ini hingga tanggal 10 Desember mendatang ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Tabanan dan ditandai dengan membunyikan alat musik okokan secara simbolis.rls/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER