Songsong Pemlu 2024, PPWK Buleleng Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan 

  • 21 November 2023
  • 10:45 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1281 Pengunjung
Sosialisasi Sukseskan Pemilu 2024 mendatang di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, pada Senin, (20/11/2023).

Buleleng, suaradewata.com- Keberadaan Peraturan Daerah (Perda) Buleleng Nomor 5 Tahun 2023 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, sebagai wujud Pemerintah Kabupaten Buleleng sangat pipi dalam rangka memberikan pemahaman terkait Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Demikian ditegaskan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng yang juga selaku Wakil Ketua Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kabupaten Buleleng dalam kegiatan sosialisasi dengan tema Perkuat Wlawasan Kebangsaan Untuk Sukseskan Pemilu 2024 mendatang di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, pada Senin, (20/11/2023).

Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, UUD Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Oleh karena itu, ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng harus selalu menjunjung asas netralitas menjelang Pemilu 2024. 

"Sebagai birokrasi pemerintahan, ASN harus fokus menjalankan tugas sesuai tupoksi dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis." ujarnya

Dengan mengedepankan wawasan kebangsaan, tegas Kaban Kappa, ASN wajib menghindari konflik kepentingan, dalam artian tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. 

"Untuk itu sebagai ASN harus bisa menjadi motor penggerak utama dalam menjaga persatuan dan menjaga nilai-nilai Pancasila. Nasionalisme ASN tidak bertumbuh sendiri, namun harus terus diciptakan dan dipelihara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, artinya harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bahkan dari hal-hal kecil sekalipun,” paparpotnya.

Kaban Kappa menambahkan, tag line dari Pemilu yaitu “Pemilu sebagai integrasi bangsa”, kegiatan PPWK yang diselenggarakan ini sangat linier dilaksanakan dikarenakan tugas dari PPWK sendiri adalah memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat salah satunya ASN itu sendiri untuk menyukseskan pemilu 2024.sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER