Pembelian Bio Solar Menggunakan QR Qode Sejak 1 Juni 2023 di Seluruh SPBU

  • 30 Oktober 2023
  • 21:25 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1359 Pengunjung
Pengisian stok BBM di salah satu SPU di Gianyar. rls/sd

Gianyar, suaradewata.comBahan bakar jenis Bio Solar yang bersubsidi, telah mulai menggunakan QR Code di seluruh SPBU seantero wilayah Gianyar yang menyediakan BBM jenis Bio Solar. Pasalnya, PT Pertamina (persero) telah menerapkan penggunaan kode QR per 1 Juni 2023 dalam pembelian BBM jenis bio solar subsidi di seluruh Bali. Sehingga dalam pembelian bio solar subsidi tidak lagi melayani dengan pencatatan nomor plat kendaraan seperti halnya bbm subsidi jenis Pertalite. Bagi kendaraan yang belum terdaftar dan tidak memiliki QR qode tidak bisa dilayani dalam pembelian bio solar.

Penggunaan QR Code dalam pembelian Bio Solar tersebut dengan tujuan untuk meminimalisir terjadi penyimpanan pendistribusian dan subsidi tepat sasaran. Terkait dengan ketersediaan stok bio solar masing - masing SPBU yang menyediakan bio solar telah memiliki jatah/DO tahunan. Mendekati akhir tahun 2023, Pertamina telah mulai mengatur pendistribusian bio solar ke SPBU - SPBU yang menyediakan bio solar, dengan tujuan untuk menjaga ketersediaan bio solar sampai akhir Tahun 2023.

Salah satu pengawas SPBU di wilayah Kabupaten Gianyar, I Nyoman AR menyampaikan, bahwa saat ini dari Pertamina telah mengatur pengiriman Bio Solar ke SPBU yang dikelolanya dengan mengurangi DO pengiriman yang normal 16 Ton menjadi 8 Ton, dimana hal tersebut sudah bisa terjadi mendekati akhir tahun. Namun demikian dalam pendistribusian/pembelian Bio Solar dari SPBU oleh konsumen, tetap menggunakan QR Code yang pembeliannya dibatasi, yaitu kendaraan roda empat pribadi dibatasi hanya boleh mengisi sebanyak 60 liter per hari, untuk kendaraan roda empat angkutan umum sebanyak 80 liter per hari. “Sedangkan kendaraan roda enam ke atas sebanyak 200 liter per hari,” terangnya.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat kedepan apabila terjadi kelangkaan Bio Solar agar tidak panic buying, dengan cara melakukan penimbunan BBM khusus Bio Solar, mengingat akhir tahun BBM Bio Solar masih tetap tersedia di SPBU, namun pembeliannya kemungkinan akan dibatasi dengan tujuan untuk pemerataan. rls/gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER