Bupati Karangasem I Gede Dana Resmikan Pengoperasian TPS3R Agro Bebandem Lestari

  • 02 November 2023
  • 09:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1457 Pengunjung
Bupati Karangasem I Gede Dana saat menghadiri upacara mlaspas dan meresmikan pengoperasian TPS3R di Bebandem

Karangasem, suaradewata.com-Lingkungan Hidup menjadi salah satu agenda prioritas Pemerintah Kabupaten Karangasem, terutama terkait persampahan. Menjaga kebersihan dan keindahan sebagai upaya pengelolaan dan penataan lingkungan dalam hal ini sesuai dengan pengelolaan sampah berbasis sumber sehingga tetap para turis atau pelancong mau datang ke Karangasem.

Hal ini disampaikan Bupati Karangasem I Gede Dana saat menghadiri undangan upacara melaspas sekaligus meresmikan TPS3R Agro Bebandem Lestari, Rabu (1/11/2023). TPS3R ini adalah singkatan dari Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle yang merupakan sistem pengelolaan dan teknologi pengolahan sampah yang dimaksudkan sebagai solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkannya khususnya di kawasan wisata.

Bupati Dana dalam sambutannya mengatakan Dirinya atas nama Pemerintah Daerah memberikan apresiasi atas perhatian Pemerintah Pusat melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali, yang secara konsisten melaksanakan program dan kegiatan TPS3R di Kabupaten Karangasem.

Diungkapkan, tahun 2022 Pemkab Karangasem telah mengusulkan 9 Desa dan yang mendapatkan 2 pembangunan TPS3R yaitu di Desa Bebandem dan Desa Padang Bai. "Tahun 2023 ini juga kami akan mengusulkan pembangunan TPS3R di Desa-desa yang sudah siap lahan dan berkomitmen dalam pengelolaan sampah, sehingga harapannya semua Desa bisa memiliki TPS3R,” ujar Gede Dana. Dengan demikian diharapkan pembangunan TPS3R ini bisa diteruskan ditahun-tahun selanjutnya, sehingga permasalahan sampah yang ada di Kabupaten bisa diselesaikan di masing-masing Desa dengan berdirinya TPS3R.

Dengan TPS3R yang telah dibangun ini diharapkan bisa mengurangi beban sampah yang harus diolah secara langsung di TPA Butus. Dimana kondisi TPA milik Pemerintah Kabupaten Karangasem yang berada di Desa Butus, Kecamatan Bebandem kondisinya sudah melebihi kapasitas. Sehingga dengan terbangunnya TPS 3R di masing-masing Desa bisa mengurangi beban sampah menuju ke TPA dan juga menciptakan lingkungan Desa yang bersih bebas dari sampah utamanya plastik.

"Mudah-mudahan TPS 3R “Agro Bandem Lestari” ini bisa memberikan contoh ,desa-desa lain dalam pengelolaan sampah. Saya mengajak yang hadir sekarang untuk segera memulai membiasakan untuk memilah sampah dari rumah," ucap Gede Dana.nov/rls/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER