KTT AIS Forum 2023 Dibuka, Negara-Negara Kepulauan Bersatu di Bali

  • 10 Oktober 2023
  • 14:05 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1261 Pengunjung

Nusa Dua, suaradewata.com –Konferensi Tingkat Tinggi pertama Archipelagic and Island State Forum (KTT AIS Forum) di Bali dibuka. AIS Forum berlangsung sejak 10 hingga 11 Oktober 2023, di BNDCC Bali. 

KTT AIS Forum merupakan platform kerja sama konkret yang dibentuk untuk mewadahi negara-negara pulau dan kepulauan di seluruh dunia untuk bersama-sama mengatasi tantangan dan permasalahan di sektor pembangunan kelautan. 

“Indonesia menyerukan pentingnya penguatan kemaritiman dan Indonesia yakin dukungan internasional negara-negara AIS dapat menjadi bagian dari solusi,,” kata Presiden Jokowi.

Para tamu delegasi KTT AIS mendapatkan sambutan yang luar biasa saat manginjakkan kaki di Bali. Para pimpinan negara pulau dan kepulauan serta organisasi internasional disambut dengan tiga tahap, yakni oleh pejabat kementerian pemerintah Indonesia, Pasukan Cordon dari Polisi Militer dan Pasukan Cordon beranggotakan prajurit militer dari TNI Angkatan Darat. 

Para tamu juga disambut secara adat lewat tari pendet yang merupakan tarian penyambutan khas Bali. 

"Tari Pendet adalah bagian yang sangat penting dari warisan budaya Bali, dan penampilannya sering menjadi momen yang sangat sakral dan indah dalam berbagai upacara keagamaan dan budaya di pulau tersebut," kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong

AIS Forum adalah platform kerjasama bagi negara-negara pulau dan kepulauan dengan tujuan meningkatkan kerjasama dalam menghadapi empat isu global, yaitu adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim, pengembangan ekonomi berbasis kelautan (ekonomi biru), penanggulangan pencemaran sampah plastik di lautan, serta pengelolaan sumber daya maritim dan kelautan.

Pelaksanaan KTT AIS Forum bertujuan untuk mempertegas peran AIS Forum sebagai titik sentral solusi kreatif dan inovasi serta sebagai platform kerja sama untuk mempromosikan agenda mendatang dalam pengelolaan laut global.

Diharapkan bahwa Forum AIS pertama kali di Bali ini akan dihadiri oleh delegasi dari 51 negara pulau dan kepulauan, mulai dari tingkat kepala negara atau pemerintah hingga perwakilan tingkat menter

Untuk diketahui, Tema KTT AIS Forum 2023 adalah "Fostering Collaboration, Enabling Innovation," yang mencerminkan komitmen negara-negara kepulauan untuk bekerja sama dalam menghadapi tantangan global yang terkait dengan kelautan. Hasil pertemuan ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi kelautan dan lautan dunia. 

*


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER