Akhirnya Badung Capai Target Juara Umum Kejurprov Xiangqi III Tahun 2023

  • 07 Oktober 2023
  • 21:05 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2629 Pengunjung
Juara Umum Kejurprov Xiangqi III Tahun 2023 Diraih Kabupaten Badung

Badung, suaradewata.com - Berlangsung 2 hari, Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Xiangqi III di Hotel Made Jalan Raya Sempidi Mengwi dimenangkan oleh Kabupaten Badung. Pasca 2 kali menjadi juara umum pada tahun 2018 dan 2019, kini piala bergilir Xiangqi resmi milik Kabupaten Badung setelah berhasil menjadi juara umum pada Kejurprov Xiangqi III. 

Ketua Persatuan Xiangqi Indonesia (Pexi) Bali, Awaludin Ahai resmi menutup Kejurprov Xiangqi III di Hotel Made pada hari Sabtu, (07/10/2023). Dari hasil pertandingan, Kabupaten Badung kembali meraih juara umum setelah 2 kali berturut-turut mendapatkan juara umum pada tahun 2018 dan 2019. 

"Saya ucapkan selamat kepada semua pemenang dan kepada yang kalah jangan putus asa dan tetaplah berlatih," ucap Awaludin Ahai, Sabtu, (07/10/2023).

Baca juga: Kejurprov Xiangqi ke III dilaksanakan di Hotel Made, Badung Targetkan Juara Umum

Dalam kesempatan tersebut, Awaludin Ahai juga mengumumkan tuan rumah Xiangqi IV tahun 2024 dilaksanakan di Kota Denpasar. Dengan target 1.000 atlet terwujud pada tahun 2024 saat Kejurprov Xiangqi IV. 

"Harus ada 1.000 atlet, tujuan saya bukan pamer, tujuan pertama adalah supaya Pemkab itu mencetak atlet. Kalau tidak kasi target kan diem saja. Sambil jalan saya optimis 1.000 atlet tercapai," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk kategori tahun depan sudah tidak ada lagi beregu dan sudah berubah mengikuti catur. Sehingga yang ada adalah kategori umur dan dari perseorangan semuanya. 

"Mulai tahun depan harapan kita pesertanya lebih banyak mengikuti sesuai kategori umur," imbuhnya. 

Ketua Pexi Badung I Gusti Agung Made Wardika mengatakan, sebagai tuan rumah Xiangqi III tahun 2023 dirinya menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi dan capaian para atlit. Bahwa kata ia, Kejurprov Xiangqi ini adalah kejuaraan adu kecerdasan dan strategi. 

"Terimakasih atas kesuksesan kita, sukses bersama, sukses kami menyelenggarakan, kami anggap luar biasa dan sukses dari pada menjadi juara itulah bonus bagi temen temen kami. Intinya kami berterimakasih atas capaian ini," Agung Wardika.

Lebih lanjut Agung Wardika mengatakan, apa yang disampaikan oleh Ketua Umum Pengprov Awaludin Ahai, pada prinsipnya Badung mendukung untuk merubah formula kategori dan lain sebagainya. Yang mana Kejuaraan Xiangqi ini akan mengikuti apa yang menjadi Cabor catur. 

"Karena ini menyangkut nanti Kejurnas tentu arahnya kesitu. Sehingga kejurnas menjadi Barometernya adalah Bali," ujarnya.

Untuk tahun 2024 pada Kejurprov Xiangqi IV di Kota Denpasar, pihaknya menargetkan juara umum untuk Kabupaten Badung. 

"Target kita setinggi tingginya dan menjadi juara mental dari pada pelatih dan pemain termasuk manager tim apalagi juara umum," ucap Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Badung ini. 

Sementara, salah satu atlet Badung kategori putri yakni Khaline Venica Anthony (16) merasa bangga karena Kabupaten Badung mendapatkan juara umum. Selain itu, dirinya juga merasa bangga karena berhasil mendapatkan juara dalam katagori perorangan.

"Bangga sih dapat juara 1 untuk yang beregu dan juara 2 nya untuk perorangan," ujar Khaline Anthony.

Dengan hasil yang diraih pada Kejurprov Xiangqi III tahun 2023 ini, Khaline pun mengungkapkan akan melakukan banyak latihan dan evaluasi. Sehingga pada Kejurprov Xiangqi IV tahun 2024 di Kota Denpasar mendatang diharapkan lebih maksimal.

"Kesalahan yang sekarang ini diperbaiki untuk tahun depan dan targetnya harus maksimal," pungkasnya.ang/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER