Atasi Banjir Simpang Susuan, Pemkab Karangasem Rekonstruksi Ruas Jalan

  • 13 September 2023
  • 16:45 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1387 Pengunjung

Karangasem, suaradewata.com- Melihat kondisi badan jalan yang sudah mengalami kerusakan dan mengkhawatirkan pengguna jalan, apalagi setelah lebih dari 10 tahun tidak mendapatkan perbaikan, Pemkab Karangasem menggelontorkan anggaran sebesar Rp. 5 Milyar untuk rekontruksi ruas jalan Susuan-Gelumpang, Jalan RA. Kartini, ruas jalan Belong hingga Tiying Jangkrik, Karangasem.

 

 

 

“Atas perintah Bapak Bupati karena melihat kondisi ruas jalan tersebut yang memang sudah seharusnya untuk dilakukan perbaikan atau rekontruksi, maka tahun ini akses jalan dari Susuan, gelumpang, RA. Kartini, Belong hingga Tiying Jangkrik kita lakukan rekonstruksi,” ujar Kadis PUPR Karangasem, Ir. Wedasmara, ST, MT, di kantornya Selasa (12/9/2023).

 

 

 

Saat ini lajut dia, pengerjaan sedang berlangsung, dimana pengaspalan ruas jalan Susuan-Gelumpang sudah dilaksanakan, tinggal pemasangan drainase atau gorong-gorong beton box Culvert 1.2 x 1.2 dari ruas Jalan Gelumpang hingga ke Jalan RA.Kartini, Belong - Tiying Jangkrik. “Untuk rekontruksi gorong-gorong itu menggunakan gorong beton box culvert. Saat ini sedang dalam pengerjaan dan sudah sampai di Jalan RA.Kartini, Susuan,” sebutnya.

 

 

 

Untuk memastikan pengerjaan, spesifikasi dan kwalitasnya sesuai dengan perencanaan, pihaknya secara ketat mengawasi pengerjaan proyek tersebut. Dimensi gorong-gorong yang dipasang menurutnya sudah melebihi dari spesifikasi. Artinya gorong-gorong yang dipasang tersebut adalah yang berukuran besar, sehingga bisa menampung limpahan debit air dari atas Bukit Gelumpang yang cukup besar.

 

 

 

“Biasanya pada saat musim hujan, daerah simpang Susuan itu menjadi daerah langganan banjir. Jadi kita bersama tim sudah beberapa kali melakukan kajian sehingga proses rekontruksi ini kita lakukan untuk mengatasi luapan banjir,” terangnya, sembari menambahkan jika Simpang Susuan itu menjadi pertemuan banjir dari dua arah, yakni dari telabah Susuan dan aliran banjir dari Bukit Gelumpang.

 

 

 

Dengan rekontruksi yang dilakukan ini, sesuai kajian pihaknya meyakini banjir di wilayah tersebut akan bisa teratasi dengan baik. Sementara total pagu anggaran kegiatan rekontruksi ruas jalan Susuan-Gelumpang, Jalan RA. Kartini, ruas jalan Belong hingga Tiying Jangkrik, Karangasem, tersebut sebesar Rp. 5 Milyar namun nilai kontraknya sebesar Rp. 4.6 Milyar, dimana Kontraktor atau rekanan yang mengerjakan yakni CV Budi Luhur dengan Konsultan Pengawas CV Nuansa Puri.

 

 

 

Proyek rekonstruksi jalan tersebut bersumber dari anggaran APBD Tahun 2023 dengan masa pengerjaan 150 hari kalender. Sesuai rencana serah terima proyek tersebut akan dilakukan pada 5 Nopember 2023 mendatang.rls/nov/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER