Pulihkan Lahan Gundul, Polsek Kintamani Tanam Ratusan Pohon di TWA Bukit Payang

  • 23 Agustus 2023
  • 16:35 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 2107 Pengunjung
Pulihkan Lahan Gundul, Polsek Kintamani Tanam Ratusan Pohon di TWA Bukit Payang

Bangli, suaradewata.com - Dalam upaya memulihkan ekosistem dan melestarikan alam, penghijauan atau reboisasi terus digencarkan oleh semua kalangan di seluruh Indonesia. Tak terkecuali bagi kalangan Polri. Serangkaian HUT Kemerdekaan RI Ke -78, Polri telah mengagendakan kegiatan penanaman bibit pohon secara serentak. Seperti halnya yang dilakukan jajaran Polsek Kintamani yang berupaya memulihkan lahan-lahan gundul akibat dampak terbakar di Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Payang, Blok Desa Culali, Kintamani, Bangli, Rabu (23/8/2023).

 

Gerakan bakti sosial berupa penanaman bibit pohon ini juga melibatkan Koramil 1626-04 Kintamani dan BKSDA serta masyarakat serempat. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut,

Danramil 1626-04 Kintamani Kapt. Inf. I Made Yudha Kencana, Camat Kintamani diwakili Sekcam I Gusti Gede Ardana kepala BKSDA Kintamani Made Budi Adnyana, Wakapolsek Kintamani AKP I Nyoman Somaada, Kanit Lantas Polsek Kintamani AKP Balik Sujaya, Kanit Intelkam AKP I Putu Kariasa serta anggota Polsek Kintamani, Anggota Koramil 1626 Kintamani serta masyarakat berjumlah 120 orang. "Kegiatan ini dalam rangka bakti sosial berupa penanaman pohon di seluruh Indonesia secara serentak dengan mengambil tema Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini,"sebut Kapolsek Kintamani, Kompol Ruli Agus Susanto.

 

Kegiatan yang melibatkan masyarakat setempat ini juga diharapkan lingkungan sekitar dapat terehabilitasi, sehingga mampu menjaga kondisi lingkungan sekitar tetap hijau untuk mencegah terjadi bencana alam seperti kekeringan. "Jadi sebagai bentuk kepedulian Polri yang turut melestarikan negeri ini khususnya di wilayah Kintamani, maka kami juga sudah menanam pohon bersama warga masyarakat di TWA Bukit Payang Blok Culali Kintamani,"ujar mantan Kapolsek Abiansemal ini. 

 

Sebanyak 200 (dua ratus) pohon jenis Cemara Gunung, yang ditanam di areal Gunung Batur tersebut. "Kami berharap gerakan ini bisa berkesinambungan, dalam upaya pelestarian alam,"pungkas Kompol Ruli.

 

Sementara salah seorang masyarakat yang tergabung dalam kelompok Jasa Pariwisata Black Lava yang melakukan usaha di seputaran TWA Bukit Payang Blok Culali I Wayan Laba mengucapkan rasa terima kasih atas gerakan penanaman pohon tersebut. "Kami berharap ada gerakan serupa pula dari pihak lainnya sebagai bentuk turut menjaga alam dan ekosistem yang ada disekitar kita," ungkapnya.ard/adn 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER