PKB ke-45 Ditutup Seraya Membuka FSBJ ke-5

  • 18 Juli 2023
  • 10:50 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1783 Pengunjung
Gubernur Bali, Wayan Koster secara resmi menutup Pesta Kesenian Bali(PKB) ke-45, Minggu 16/07/23

Denpasar, suaradewata.com - Gubernur Bali, Wayan Koster secara resmi menutup Pesta Kesenian Bali(PKB) ke-45 Tahun 2023 yang ditandai dengan peluncuran tema Pesta Kesenian Bali ke-46 Tahun 2024, yaitu “Jana Kerthi: Paramaguna Wikrama”, Harkat Martabat Manusia Unggul, serta dilanjutkan dengan pembukaan Festival Seni Bali Jani (FSBJ) ke-5 Tahun 2023 yang secara resmi dibuka oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali, Minggu (16/7/23)

 

Dalam sambutannya, Gubernur Koster menegaskan bahwa Bali memiliki kekayaan, keunikan dan keunggulan budaya meliputi adat-istiadat, tradisi, seni-budaya, dan kearifan lokal, yang telah menjadi aktivitas kehidupan sehari-hari di setiap lapisan masyarakat Bali, mulai dari anak-anak sampai dewasa, terjaga dengan sangat kuat di lembaga Desa Adat.

 

Koster juga menyampaikan dirinya bersama jajaran Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Kota/Kabupaten se-Bali sejak lama memeberikan perhatian seruis untuk melestarikan seni-budaya Bal dengan memberikan dukungan kebijakan dan apresiasi terhadap program pengembangan seni-budaya.

 

“Kekayaan seni-budaya Bali telah mampu mendorong berkembangnya karya seni-budaya tradisi, berikut diikuti dengan berkembangnya karya seni-budadya modern-kontemporer. Oleh karena itu , diperlukan wahana dan apresiasi untuk menampilkan seni tradisi dan seni modern-kontemporer,” tandasnya.

 

Selain mengembangkan potensi seni-budaya, Pesta Kesenian Bali juga menjadi media pengembangan perekonomian masyarakat Bali. Dengan adanya Pameran IKM Bali Bangkit dalam PKB tersebut, Pemerintah telah memberi rezeki kepada para Pelaku IKM/UMKM dan penggiat kuliner.

 

“Titiang mendapat laporan bahwa transaksi selama berlansungnya Pesta Kesenian Bali tahun 2023, untuk produksi Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mencapai Rp. 8 milyar lebih, sedangkan para penggiat kuliner seperti yang menjual blayag, tipat, babi guling keseluruhan transaksi para Pelaku IKM/UMKM di Pesta Kesenian Bali mencapai Rp. 10 milyar, tercatat yang jual kerajinan dari bamboo transaksinya sampai Rp. 20 juta dan yang jualan busana totalnya ada mencapai Rp. 380 juta,” serunya.

 

Diakhir sambutannya, Gubernur Koster memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada para Seniman, Budayawan, Sanggar, dan Kelompok Seni, serta kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan Pesta Kesenian Bali ke-45 Tahun 2023.

 

“Sungguh nikmat kopi Kintamani, untuk diminum di sore hari, kami bangga bapak Menteri hadir disini, untuk membukan Festival Seni Bali Jani,” tutupnya dengan pantun.ran/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER