Kunjungan Menteri Sandiaga Uno Ke Buleleng, Support Desa Wisata Sudaji Raih ADWI 2022

  • 19 Agustus 2022
  • 22:40 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1960 Pengunjung
istimewa/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Sandiaga Salahudin Uno mantan Cawapres RI pada Pemilu 2019 lalu yang dipercaya Presiden Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, pada Jumat, (19/8/2022) mengunjungi Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, dalam rangka nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Menteri yang menjadi idola kaum ibu-ibu pada Pemilu lalu, saat berkunjung ke Desa Sudaji disambut Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Kepala Desa Sudaji, Fajar Kurniawan, Ketua Desa Wisata Sudaji serta masyarakat  di wantilan desa setempat, Jumat, (19/8/2022).

Kunjungan menteri yang disambut warga desa dengan meriah ini, diawali dengan pemaparan dari Kepala Desa Sudaji dan Ketua Desa Wisata Sudaji terkait potensi  daya tarik wisata budaya dan alam yang ada di desanya. Diantaranya Ngusaba Bukakak yang merupakan simbol wujud syukur yang dicetuskan para petani kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa memberikan kesuburan dan hasil panen yang melimpah bagi masyarakat Desa Sudaji. Upacara Ngusaba Bukakak dilakukan secara turun temurun setiap Purnama Sasih Karo. Selanjutnya potensi wisata alamnya yang disebut Gandameru adalah tempat wisata terbaik di Desa Sudaji. Dikarenakan memiliki tempat yang sangat indah, nyaman dan jauh dari polusi udara. Juga pemandangan bukit yang sangat indah serta beningnya air yang mengalir di sekitar areal persawahan. Di Desa Sudaji juga disediakan Homestay bagi para wisatawan yang ingin beristirahat atau menginap di Desa Sudaji.

Usai mendengarkan pemaparan terkait daya tarik wisata Desa Sudaji, selanjutnya Menteri Sandiaga Uno berkesempatan mengunjungi beberapa kerajinan tangan, produk unggulan dan buah durian khas Sudaji serta menyaksikan pagelaran seni Desa Sudaji. Di akhir kegiatan, dilakukan penanaman pohon nagasari dan penandatanganan prasasti oleh Menteri Sandiaga Uno.

Menteri Sandiaga Uno menyampaikan kunjungannya yang merupakan langkah konkret dari kementerian untuk mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Buleleng, agar menjadi daya tarik dan nantinya saat acara G20 terselenggara akan menjadi tujuan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya tertarik dan sangat mengapresiasi produk unggulan Desa Sudaji, baik itu wisata alam, kerajinan tangan bahkan buah unggulan dari Desa Sudaji yaitu durian. Dan saya sangat tenang, nyaman berada di Sudaji, serasa menyatu dengan alam," tandas Sandiaga Uno.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER